Sensasi Berada di Negeri China? Kunjungi Tempat Ini!

Sensasi Berada di Negeri China

Tidak perlu di ragukan lagi bahwa di Indonesia ada beberapa tempat yang merupakan “kampung Cina” dimana suasananya serta bangunan-bangunannya sangat khas. Ini dikarenakan etnis Cina memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Oleh karena itu tidak heran jika di kampung Cina tersebut banyak benda-benda yang bercorak khas budaya cina. Nah, berikut ini adalah tempat wisata Kampung Cina yang ada di Indonesia. Yuk, simak.
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur ternyata tidak hanya berisi diorama dan bangunan khas Indonesia, tapi juga bangunan khas negara lain, salah satunya China. Klenteng Kong Miao yang ada di dekat Keong Mas resmi dibuka pada tanggal 23 Desember 2010 lalu oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai simbolis peresmiannya, Bapak Presiden beserta Ibu menanam pohon cemara di halaman Klenteng. Di rumah ibadah pemeluk agama Khonghucu ini, terdapat tiga bangunan besar. Masing-masing memiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda. Bangunan pertama adalah Tian Tan yang berbentuk bundar sebagai lambang Tuhan. Di sini, pemeluk agama Khonghucu memanjatkan doa yang langsung ditujukan kepada Tuhan yang Maha Esa. Di bangunan ini juga terdapat 3 atap yang tersusun rapi dan masing-masing atap tersbut memiliki nama, yaitu Tian (Tuhan), Ren (manusia), dan Di (bumi).
Di atas atap terdapat kuncup berwarna emas yang mengandung makna puncak kebajikan yang bercaha cemerlang. Di dalam bangunan Tian Tan, terdapat lilin-lilin yang selalu menyala terang. Lilin tersebut dinamakan lilin abadi, karena memang api yang menyala di lilin tersebut tidak boleh padam. Bangunan yang kedua adalah Da Cheng Dian atau rumah kebesaran. Di bangunan yang paling besar ini, umat Khonghucu memanjatkan doa bersama-sama yang biasa dikenal dengan kebaktian. Kemudian, tempat yang terakhir, yaitu Zao Jun Dong atau Malaikat Dapur.
Dalam kepercayaan umat, Zao Jun Dong diyakini sebagai malaikat yang bertugas menilik dan mencatat segala kejadian rumah tangga. Seperti sebuah Klenteng pada umumnya, Kong Miao di TMII juga dilengkapi dengan Xianglu (tempat untuk menancapkan dupa batang), Zhutai (tempat untuk meletakkan lilin), Kim Coa Lo (tempat untuk meletakkan kertas sembahyang yang dibakar). Untuk bisa masuk ke dalam Klenteng Kong Miao, tidak dipungut biaya. Namun hanya yang ingin beribadah saja yang bisa masuk ke dalam bangunan.
Kampung China, Cibubur
Tidak hanya TMII, Kota Wisata Cibubur juga memiliki Wisata Kampung. Untuk menuju ke Kota Wisata tidaklah sulit,sebagai patokan adalah keluar pintu tol Cibubur,bila kita memasuki jalan tol Jagorawi
Setelah itu lurus saja melalui Jalan Trans Yogie (Alternatif Cibubur) menuju arah Jonggol Cileungsi atau Taman Buah Mekar Sari berkisar jaraknya 13 km,kita akan menemukan plang besar bertuliskan Kota Wisata-Kota Sejuta Pesona (bergambar bangunan berkincir), masuk saja tanpa pungutan biaya,yang jaraknya berkisar 1 km.
Anda akan menemukan pintu masuk Kampung China bertuliskan Gerbang Kemakmuran dengan 2 buah patung besar membawa pedang dan obor,dengan penuh hiasan lampion merah. Masuk ke dalam,kita akan menjumpai puluhan toko/kios yang berjualan fashion, aksesories, pernak-pernik dan aneka mainan anak-anak.Sangat kentara sekali hampir semua produk-produk berwarna merah menyala, terutama pakaian kas China-nya (Cheong Sam).Beberapa toko yang berjualan pakaian kas China dan juga berjualan produk-produk bernuansa China,seperti : lampion, gambar gantung, lukisan, pohon bunga Me Hwa (Mei Hua) atau bunga sakura dan aneka kelengkapan lainnya,yang dapat dijadikan sebagai kelengkapan untuk Tahun Baru Imlek. Disini merupakan tempat yang cocok bagi anda yang akan merayakan tahun baru Imlek, selain brang-barang yang dijual bervariasi, harganya pun relatif murah.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat