Tabungan Pendidikan Untuk Masa Depan

Pentingnya Memiliki Tabungan Pendidikan Untuk Masa Depan

Tabungan Pendidikan Untuk Masa Depan

Kebutuhan hidup manusia tidak hanya seputar sandang, papan dan pangan. Pendidikan juga termasuk ke dalam salah satu kebutuhan hidup manusia yang wajib dipenuhi. Pendidikan tidak hanya melatih baca, tulis dan hitung, tetapi juga kemampuan berpikir kritis. Dana pendidikan yang semakin mahal membuat kita harus mempunyai tabungan pendidikan untuk masa depan sedini mungkin. Dengan menyiapkan tabungan pendidikan untuk masa depan untuk anak sejak dini, kita tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan anak yang menanti di masa depan.

Akan tetapi banyak orang yang masih salah persepsi terhadap tabungan pendidikan. Mayoritas orang mengira tabungan pendidikan setali tiga uang dengan asuransi pendidikan. Padahal mereka berbeda meski tujuan utamanya adalah menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini.

Lalu? Hal apa saja yang membedakan tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan? Simak ulasannya di bawah ini.

1.  Sistem Kerja
Tabungan pendidikan untuk masa depan memiliki sistem kerja yang berbeda dengan asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan menerapkan sistem investasi yang dipengaruhi oleh inflasi. Jika terjadi inflasi maka nilai asuransi pendidikan justru berkurang. Sedangkan, tabungan pendidikan memiliki sistem yang sama dengan tabungan biasa. Kita akan menabung dan akan mendapatkan bunga. Tabungan tersebut akan dicairkan dalam beberapa tahun kemudian sesuai ketentuan awal.

2. Jangka Waktu 

Tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan memiliki jangka waktu yang berbeda. Tabungan pendidikan direkomendasikan untuk menyiapkan dana pendidikan dalam jangka waktu yang pendek yaitu dua sampai lima tahun. Tabungan pendidikan cocok digunakan untuk menyimpan dana pendidikan dalam satu tingkatan saja, seperti dana kuliah S1 dan S2. Sedangkan, jangka waktu yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan bisa mencapai sepuluh tahun. Sehingga, asuransi pendidikan direkomendasikan untuk menyiapkan dana pendidikan anak mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

3. Jaminan Keamanan Dana
Seperti namanya, tabungan pendidikan bentuknya berupa tabungan. Setiap bulannya kita akan menyetorkan uang ke bank agar jumlah dana pendidikan semakin bertambah. Dalam tabungan pendidikan bank bertindak sebagai LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Dengan adanya LPS maka dana tabungan pendidikan akan aman meskipun bank tempat kita menabung mengalami krisis bahkan kebangkrutan.

Di sisi lain, asuransi pendidikan bentuknya berupa asuransi. Perusahaan asuransi tidak berperan atau tidak menyediakan Lembaga Penjamin Simpanan karena peran perusahaan asuransi sebagai penjual polis asuransi pendidikan saja.

Mana yang Terbaik?
Perbedaan antara tabungan pendidikan untuk masa depan dan asuransi pendidikan sudahlah jelas. Namun, masih banyak yang bingung mana yang lebih menguntungkan. Berdasarkan riset, asuransi pendidikan lebih menguntungkan karena bunga yang dihasilkan bisa berubah tergantung gejolak pasar saham. Bunga asuransi pendidikan yang lebih besar mampu menutupi biaya pendidikan yang naik dua kali lipat setiap tahunnya.




One thought on “Pentingnya Memiliki Tabungan Pendidikan Untuk Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat