Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Tanda-Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Pada Usia 5 Bulan

Tanda-Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Usia lima bulan setelah kelahiran buah hati anda merupakan usia yang cukup kuat dari segi fisik dibandingkan dengan usia bayi sebelumnya. Pertumbuhan dan perkembangan bayi di usia 5 bulan ini akan sangat disayangkan bila tidak diikuti oleh anda. Pasalnya di bulan kelima ini bayi mengalami masa peralihan di mana buah hati anda mencoba untuk mengeksplorasi berbagai suara yang dia buat dan mulai berbicara. Perkembangan bayi dibulan kelima tiap minggunya dapat anda perhatikan berikut ini:

Di minggu ke delapan belas buah hati anda mulai melakukan sinkronisasi suara dengan gerakan.
Bayi anda lebih senang mendengarkan musik dibandingkan dengan bercakap-cakap diminggu kesembilan.
Bayi anda sudah memahami jalur diminggu ke dua puluh.
Di minggu ke dua puluh satu kemampuan mencocokan suara dengan gerakan semakin baik.

Perkembangan lain juga di alami oleh bayi usia 5 bulan selain perkembangan yang dialami setiap minggunya pada minggu ke delapan belas hingga ke duapuluh satu di atas. Perkembangan ini mencakup kemampuan motorik,tidur, indera, dan komunikasi. Paparan mengenai bentuk perkembangannya adalah sebagai berikut :
1. Kemampuan Motorik Kasar
Bayi usia lima bulan sudah mampu duduk tegak untuk waktu yang lebih lama, bahkan ada beberapa bayi yang sudah memiliki kemampuan berguling.

2. Kemampuan Motorik Halus
Pada usia lima bulan genggaman bayi sudah semakin kuat bahkan mereka mampu memindahkan benda dari tangan satu ke yang lain atau memegang gelas sendiri

3. Tidur
Pola tidur usia lima bulan sudah cukup teratur. Di usia ini bayi menghabiskan sepanjang malam untuk tidur sehingga bunda dapat beristirahat lebih lama. Pada siang hari bayi tetap melakukan tidur sebanyak dua kali di pagi dan sore.

4. Indera
Jangkauan penglihatan bayi usia ini memeng belum jauh namun dia sudah mulai mampu memfokuskan tanpa juling dan mengenal berbagai warna

5. Komunikasi
Di usia ini bayi mulai belajar cara memberitahukan apa yang dia inginkan dengan suara. Selain itu diusia ini pula bayi mulai tertawa mengeluarkan suara dan mulai mengucap suku kata yang sama seperti ma-ma atau pa-pa.

Meskipun secara fisik sudah cukup kuat namun belum cukup kuat bagi bayi dengan fisik tersebut untuk menahan produk-produk yang digunakan untuk anak-anak baik itu minuman, makanan, pakaian, maupun produk mandi. Agar lebih aman makan gunakan produk bayi yang memang dikhususkan anak usia tersebut, seperti zwitsal sehingga kesehatan anak anda terjaga. Demikian artikel mengenai tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia lima bulan .Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda.




3 thoughts on “Tanda-Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Pada Usia 5 Bulan

  1. gvk bio company news

    332197 508437Right after examine a couple of of the weblog posts on your site now, and I really like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark site list and shall be checking again soon. Pls try my site online as nicely and let me know what you believe. 258498

  2. g³oœniki do telewizora

    974953 431270I cannot thank you fully for the blogposts on your internet page. I know you placed lots of time and effort into all of them and hope you know how considerably I appreciate it. I hope I will do precisely exactly the same for an additional individual at some point. Palm Beach Condos 595693

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat