industri pertanian

Peluang Kerja Teknologi Industri Pertanian

Peluang Kerja Teknologi Industri Pertanian

Suatu jurusan pasti memiliki peluang kerja masing-masing. Jurusan kuliah yang beragam membuat banyak orang terutama siswa yang berada di jenjang pendidikan SMA, merasa bingung akan jurusan yang hendak diambil. Jurusan yang bagus akan menawarkan peluang kerja yang bagus juga. Jurusan Teknologi Industri Pertanian atau yang sering disebut dengan Agro industri ini menawarkan peluang yang besar didunia pekerjaan. Beberapa peluang dibawah ini merupakan prospek karir bagi Anda yang memilih jurusan Agro industri ini.

  1. Departemen Kehutanan

Teknologi Industri Pertanian sangat memiliki kemungkinan besar untuk bekerja di departemen kehutanan. Karena jurusan ini berkecimpung di dunia pertanian dimana mempelajari beragam jenis tanaman. Pengetahuannya yang luas mengenai tanaman ini bisa diterapkan pada pekerjaan ini. Dengan memiliki pengetahuan yang luas mengenai tanaman, lulusan agri industri pastilah menguasai bagaimana untuk meningkatkan kualitas suatu tanaman. Sehingga tanaman yang dihasilkan memiliki mutu dan kualitas yang tinggi. Pengembangan teknologi ini bisa digunakan pada tanaman-tanaman hutan guna meningkatkan tumbuh kembang suatu tanaman.

  1. Lembaga Penelitian

Agro industri juga memiliki peluang kerja di suatu lembaga penelitian. Hal ini dikarenakan jurusan ini selalu menghasilkan  teknologi-teknologi yang terkini yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Dengan bekerja di lembaga penelitian, bisa mengembangkan teknologi tersebut. Misalnya mengembangkan pupuk, pestisida dan obat-obatan bagi tanaman. Dengan bekerja di lembaga penelitian, agri industri juga meneliti apakah inovasi tersebut layak serta efektif untuk di gunakan.

  1. Wirausaha

Peluang kerja yang bisa Anda kembangkan sendiri yaitu dengan menjalankan usaha sendiri. Lulusan dari jurusan ini diharapkan memiliki kemampuan mengembangkan teknologi-teknologi usaha yang berbasis industri dari pertanian. Dengan mengambangkan teknologi, diharapkan pula teknologi tersebut memiliki nilai tambah. Dengan membuka usaha teknologi berbasis pertanian juga bisa menjadi salah satu nilai lebih diri Anda, potensi diri Anda dengan mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari.

Memilih jurusan yang sesuai dengan minat tentu sudah ditentukan jauh-jauh hari. Dengan mempertimbangkan peluang kerja pada nantinya. Selain di beberapa lembaga tersebut, Teknologi Industri Pertanian juga masih memiliki beberapa potensi untuk bekerja di lembaga-lembaga besar lainnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now