Termite Control Yang Harus Kita Tahu

Termite Control Yang Harus Kita Tahu

Rayap atau termite ialah jenis serangga seperti semut yang hidupnya berkelompok serta membuat sarang dalam kayu. Makanan utama rayap adalah kayu sehingga ia menjadi hama dalam kehidupan manusia. Rayap bisa memakan serta merusak material kayu maupun bambu yang ada dalam rumah seperti aneka perabot yang terbuat dari dua bahan tersebut. Selain itu, rayap juga terbukti bisa menjadi hama bagi tanaman, terutama tanaman dengan batang berkayu, baik tanaman hortikultura, tanaman pangan maupun tanaman yang ada di perkebunan. Diperlukan termite control yang baik dan benar agar serangga ini bisa dikendalikan serta tak lagi merugikan manusia, baik di dalam rumah maupun di lahan perkebunan atau pertanian.

Termite Control

Serangga ini sebenarnya tak sepenuhnya jadi hama karena rayap juga termasuk dalam serangga pengurai dan menguntungkan manusia, di antaranya adalah menguraikan sisa-sisa kayu yang terdapat pada lahan pertanian. Sisa-sisa tanaman ini jika tak dibersihkan bisa jadi tempat berkembanbiaknya aneka jamur patogen. Akan tetapi, rayap juga bisa  menyapu bersih semua kayu, baik tanaman ataupun sisa-sisa tanaman yang sudah tak ada gunanya. Ini menjadikan rayap sebagai salah satu hama yang harus dibasmi. Cara pengendalian hama rayap yang menyerang tanaman sendiri cukup beragam. Aneka jenis tanaman perkebunan yang kerap dirusak rayap di antaranya adalah kakao, karet, kelapa sawit, kopi, jambu mete dan sengon.

Termite control Singapore terutama memiliki cara pengendalian rayap menggunakan kultur teknis serta cara yang lebih modern. Melalui kultur teknis, lahan bisa diolah sebelum ditanam dengan cara membajak tanah menggunakan cangkul. Mengolah lahan ini tak hanya dilakukan guna menggemburkan tanah namun juga menghancurkan sarang rayap yang mungkin ada di dalam tanah. Rayap akan keluar serta bisa ditemukan dengan lebih mudah sehingga akan dimakan predator alaminya seperti ayam maupun burung. Selain itu, bersihkan juga lahan dari sisa tanaman berkayu yang mungkin masih ada, termasuk sisa akar kayu dalam tanah. Sisa tanaman serta akar ialah sumber makanan kesukaan rayap, sehingga membersihkannya akan menghambat perkembangbiakan hama ini.

termite control Singapore Advance Pest 1

Singapore termite control juga dapat dilakukan dengan cara rotasi tanaman guna memutus siklus hidup dari rayap. Jangan menanam hanya satu jenis tanaman saja dalam waktu lama atau secara terus menerus. Hal ini justru akan membuat tanaman makin rentan akan serangan rayap. Sebaliknya, tanamlah aneka tanaman yang berbeda dalam jangka waktu tertentu dan secara bergantian. Rotasi tanaman seperti ini akan membantu kita dalam mengatasi hama rayap. Selain itu, kita juga bisa menggunakan jasa pengendali hama. Salah satunya ialah Advanced Pest yang bisa dipanggil guna membasmi hama rayap di lingkungan sekitar tempat tinggal ataupun lahan perkebunan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat