Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung

Ternyata 5 Faktor Ini Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
 
Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung – Bagi setiap makhluk jantung merupakan organ yang paling penting bagi manusia, dengan jantung maka darah dapat terpompa ke seluruh tubuh sehinga tubuh kitapun mendapat asupan oksigen yang butuhkan. Tidak hanya itu dengan terpompanya darah keseluruh tubuh, maka sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuhpun dapat terpenuhi demi metabolisme tubuh. Pentingnya organ jantung dalam kehidupan manusia maka sudah sewajarnya kita untuk menjaganya dengan baik. Terutama dari segala ancaman yang dapat terjadi pada jantung seperti penyakit jantung yang banyak sekali terjadi pada mereka yang kurang sekali menjaga kesehatan mereka terutama akan jantungnya.
Salah satu yang berbahaya dan sering menjadikan penyakit jantung yaitu penyakit jantung koroner. Banyak orang yang mengalami penyakit ini selalu berakhir dengan serangan jantung yang membuatnya meninggal dunia, walaupun tidak semuanya mengakibatkan kepada kematian. Dengan penyakit jantung koroner yang berakibat pada serangan jantung biasanya akan mengalami beberapa dampak yang buruk kedepannya.

Mengapa Bisa Terjadinya Penyakit Jantung?

Beberapa jenis cek darah memang arus dilakukan secara teratur, hal ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dan juga menghindari penyakit-penyakit yang tak diinginkan. Seperti diantaranya adalah penyakit jantung. Kondisi tubuh seseorang yang sudah memasuki usia lanjut memang terbilang tak stabil, kadang dalam kondisi yang sangat sehat, namun bisa berubah hanya dalam beberapa hari. Salah satu faktor penyebabnya adalah keberadaan kolesterol dalam tubuh.
Kolesterol umumnya berasal dari apa yang Anda konsumsi, semakin tak sehat maka berpengaruh juga pada arteri atau pembuluh darah Anda. Ia akan ikut terbawa aliran darah dan menjadi plak-plak yang memperlambat sistem peredaran darah ke seluruh bagian tubuh. akibatnya adalah jantung harus bekerja ekstra untuk memompa, jika dipaksa terus seperti ini maka lama kelamaan ia akan rusak.
Selain itu, Pada mereka yang terkena penyakit jantung penyebabnya banyak dikarenakan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner. Penyempitan ini karena adanya penumpukan dalam tubuhnya dengan kolesterol ataupun protein lain yang masuk ke dalam tubuhnya. Adanya penumpukan yang terjadi juga mengakibatkan pembuluh darah koroner menjadi kaku yang sering disebut aterosklerosis.
Ateroklerosis

 Seperti Apakah Ateroklerosis itu?

Pada aterosklerosis yang menumpuk pada timbunan lemak dan plak pada dinding-dinding arteri. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan berdampak pula pada mengeras dan menyempitnya arteri sehingga menjadikan penyumbatan pada aliran darah ke jantung. Adanya penyakit atau penyumbatan arteri inilah yang biasanya menjadikan kepada sebagian besar penderitanya mengalami serangan jantung. Penyumbatan arteri ini pada satu bagian atau lebih biasanya mengakibatkan serangan jantung yang mendadak. Semua ini terjadi akibat jantung yang meminta oksigen melebihi dari yang tersedia sehingga mengakibatkan akan serangan jantung.
Otot jantung yang tidak menerima oksigen dalam waktu yang lama juga dapat menjadikan jaringan disekitar jantung menjadi rusak. Sehingga jika sebagian besar jaringan ini rusak kerusakan yang terjadi dapat mengakibatkan akan kemungkinan terjadinya meninggal dunia. Bahkan bagi mereka yang timbunan lemak dan plak pada arteri tidak terlalu besar, timbunan plak yang ada dapat pecah dan membentuk akan kerak darah. Selain itu arteri yang berpenyakit ini juga akan cenderung mengalami kontraksi otot secara mendadak. Sehingga kerak darah dapat terbentuk ditempat kontraksi yang mengakibatkan dinding arteri menyempit dan mengakibatkan akan serangan jantung.
5 Faktor Pemicu Terjadinya Penyakit Jantung

 

5 Faktor Pemicu Terjadinya Penyakit Jantung

Ternyata selain keberadaan kolesterol juga ada beberapa faktor pemicu sakit jantung yang jarang diketahui oleh masyarakat, diantaranya adalah:
1. Konsumsi makanan berat dalam satu waktu dan tak pernah Anda lakukan sebelumnya, ketika tengah mengadakan pesta bersama dengan teman-teman, umumnya makanan yang tersaji disana sangatlah banyak. namun pastikan bahwa Anda membatasi diri. Karena ternyata tak terbiasa konsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak akan memacu jantung bekerja dengan cepat, hasilnya adalah kerusakan sewaktu-waktu. Biasanya tubuh akan memberikan tanda cukup seperti rasa kenyang.
2. Di pagi hari resiko terkena masalah jantung lebih besar, mengapa demikian?, karena memang jam-jam tersebut adalah masa dimana darah menjadi lebih kental. Pembuluh darah juga semakin tebal sehingga jantung dipaksa untuk bekerja ekstra. Resiko pecahnya pembuluh darah akan semakin tinggi.
3. Flu ringan, jangan sepelekan masalah kesehatan yang satu ini, karena meskipun ringan namun dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika tubuh mengalami flu maka paru-paru harus bekerja lebih untuk dapatkan oksigen, mengingat saluran pernapasan tengah tersumbat. Inilah kondisi yang membuat jantung akan berdenyut lebih cepat dari biasanya, sehingga terkadang membuat penderita sulit beristirahat karena merasa tak tenang.
4. Aktivitas fisik yang berlebihan, olahraga memang penting untuk kesehatan tubuh, namun jika dilakukan dalam durasi yang berlebihan, tentunya akan beresiko terhadap pecahnya pembuluh darah pada jantung, karena ia dipaksa berdenyut cepat secara terus menerus. Inilah mengapa bagi yang masih pemula ada batasan jika ingin lakukan olahraga.
5. Sering terjebak macet, kondisi lalu lintas sangat berhubungan dengan polusi udara. Terlalu banyak kadar CO atau karbon monoksida yang masuk dalam tubuh sangat berpotensi menyebabkan kerusakan keracunan dan serangan jantung.
Penyakit jantung bukan hal yang dapat Anda sepelekan, karena ia dapat membunuh sewaktu-waktu. Mulai rubah pola hidup Anda jadi lebih sehat, gunakan juga gula Tropicana slim untuk konsumsi minuman setiap hari.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat