Tidur dengan Bayi

Tidur Bersama Bayi Bisa Berbahaya? Begini Alasannya

tidur bersama Bayi

Tak sedikit orang tua yang menemani bayinya tidur dengan alasan tidak tega dan khawatir. Padahal tidur bersama bayi bisa membahayakan jiwa si kecil itu sendiri. Menurut penelitian, lebih dari 60% bayi meninggal dunia akibat tidur bersama orang dewasa. Dan rata-rata usia bayi-bayi tersebut adalah di bawah 5 bulan.

Sebagai salah satu tempat jual baby box Jakarta, OscarFurnitureStore, menyadari pentingnya bayi tidur dalam box nya sendiri. Karenanya Oscar Furniture menyediakan beragam baby box dari berbagai merk terkenal dengan harga terjangkau.

Nah, jika Anda masih memiliki paham tentang pentingnya tidur bersama bayi dan tidak tega membiarkannya di box sendirian, ada beberapa alasan mengapa justru tidur bersama bayi bisa membahayakannya.

1.    Bayi Mengalami Sesak Napas

Berdasarkan penelitian dari Quebec’s Public Health Institute, bayi di bawah usia 1 tahun yang tidur bersama orang tuanya dalam satu ranjang mengalami resiko asphyxiation atau sesak napas. Karenanya, dihimbau bagi para orang tua jika memang ingin tidur bersama bayi dalam satu kamar, pastikan bayi tidur di baby box nya sendiri sehingga lebih aman.

Saat ini, banyak tempat menyediakan baby box dengan beragam desain dan harga. Anda bisa mencarinya di toko perlengkapan bayi terdekat atau toko jual baby box Jakarta bagi yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Namun ingat, pilih baby box dengan desain yang aman dan nyaman, terutama untuk bayi Anda yang baru lahir.

2.    Bayi Tertindih Orang Tua

Orang tua terlalu lelah atau mengonsumsi obat-obatan tertentu sehingga menyebabkannya tidur pulas juga bisa berbahaya bagi keselamatan bayi. Kemungkinan bayi tertindih bisa saja terjadi. Untuk itu, disarankan bayi tidur di baby box nya sendiri, meskipun tetap sekamar dengan orang tua.

3.    Bayi Terjatuh Dari Tempat Tidur

Karena bayi seringkali bergerak di luar kendali maka sangat membahayakan jika ia tidur di ranjang dewasa bersama orang tua. Saat Anda tertidur, bisa saja bayi akan merangkak atau bergerak ke pinggir ranjang lalu terjatuh. Oleh sebab itu, sebaiknya bayi ditidurkan di baby box yang memang dirancang khusus untuknya.

Anda bisa memilih dan membeli baby box sesuai dengan kebutuhan di toko perlengkapan bayi di kota Anda atau di toko jual baby box Jakarta bagi yang berada di Jakarta. Pastikan baby box tersebut memiliki desain yang bukan hanya aman namun juga nyaman untuk bayi Anda.

 jual baby box Jakarta

Lalu bagaimana jika Anda tetap ingin tidur bersama si kecil? Berikut beberapa aturan yang harus Anda terapkan.

  • Letakkan baby box atau keranjang bayi di samping tempat tidur ibu. Hal ini dapat menciptakan kedekatan antara ibu dan bayi terutama memudahkan ibu untuk menyusuinya.
  • Jangan tempatkan bantal-bantal atau mainan di tempat tidur bayi ketika bayi sedang tidur.
  • Jangan tidur bersama bayi, jika berat tubuh Anda berlebihan karena akan sulit menjaga jarak dengan bayi ketika tidur di ranjang yang sama.
  • Jika rambut ibu cukup panjang, sebaiknya diikat saat tidur dengan bayi, untuk menghindarinya terjerak rambut.
  • Jangan tidur bersama bayi, jika Anda terlalu lelah atau sedang mengonsumsi obat-obatan dengan efek tidur nyenyak.
  • Hindari membedong bayi ketika tidur bersama. Karena bayi akan kepanasan dan tidak bisa bergerak bebas untuk memberi tanda bahwa orang tua tidur terlalu dekat dengannya.

Jadi, tidur bersama bayi memang cukup berbahaya bagi keselamatannya. Namun orang tua tetap boleh tidur bersama bayi asalkan memenuhi beberapa aturan standar yang benar-benar bisa menjamin keselamatan bayi itu sendiri.




One thought on “Tidur Bersama Bayi Bisa Berbahaya? Begini Alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat