Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu Oleh Ahli Tipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu Oleh Ahli Tipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Di era serba digital seperti sekarang ini, belanja online kerap menjadi pilihan utama dalam mendapatkan aneka kebutuhan. Banyak barang kebutuhan yang bisa kita dapatkan secara online, mulai dari barang-barang kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Belanja online juga terbilang lebih mudah. Kita bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi tokonya. Cukup menggunakan perangkat komputer ataupun smartphone dalam genggaman, maka aneka produk bisa kita beli dalam sekejap. Namun, tidak jarang belanja secara online ini diwarnai cerita buruk dari para pembeli yang tertipu. Mulai dari barang tidak dikirim, barang tidak sesuai foto, dan aneka hal tidak mengenakkan lain yang membuat belanja online terkesan menyeramkan. Lalu, bagaimana caranya agar belanja online bisa tetap menyenangkan tanpa takut kena tipu?

Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

  1. Agar tidak tertipu dalam belanja online, mulailah dari memilih toko yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Toko online yang memiliki jam terbang tinggi akan sangat berpengalaman dalam hal pelayanan pada pembeli. Mulai dari menjawab pertanyaan seputar produk, pengemasan produk hingga pemberian after sales service termasuk tanggung jawab jika produk mengalami kerusakan akibat pengiriman.
  2. Tanyakan spesifikasi produk sejelas-jelasnya sebelum membeli. Termasuk di antaranya adalah ukuran, fitur, warna, berat dan lain-lain. Warna produk memang akan sedikit berbeda antara foto dan aslinya. Hal ini wajar mengingat resolusi kamera, pencahayaan dan monitor komputer yang digunakan. Menanyakan spesifikasi produk terutama penting agar kita tidak merasa menyesal atau tertipu setelah membelinya nanti.
  3. Setelah barang dikirim, mintalah nomor resi pengiriman pada penjual. Nomor resi ini nantinya akan bisa kita lacak secara online di website jasa ekspedisi pengiriman yang digunakan. Nomor resi yang tidak terlacak patut dicurigai sebagai salah satu bentuk penipuan.
  4. Jangan tergiur barang murah, karena harga akan membawa kualitas. Penjual yang tampak terburu-buru menjual barang dagangannya juga kadang merupakan ciri-ciri dari penjual yang hendak melakukan penipuan.
  5. Hindari juga membeli dari toko yang telah memiliki reputasi buruk. Kita bisa mengetahui reputasi toko ini dari testimoni pembeli terdahulu. Testimoni ialah komentar pembeli terdahulu terkait pelayanan serta produk dari toko tersebut. Semakin banyak testimoni positif, maka kita bisa mempercayai toko itu. Namun jika ada lebih banyak testimoni negatif, maka kita patut berhati-hati serta lebih baik mencari toko lain.
  6. Mintalah rekomendasi pada teman atau kerabat yang sudah sering berbelanja online di satu toko tertentu. Rekomendasi ini biasanya akan dapat dipercaya karena berasal dari orang-orang terdekat.
  7. Cobalah untuk lakukan survey harga antara satu toko dengan toko lainnya sebelum membeli. Hal ini akan membantu kita dalam menemukan toko yang menjual produk dengan harga paling murah sehingga kita bisa untung. Manfaatkan pula aneka diskon yang tersedia serta promo-promo menarik apabila ada.

Selalu ada sisi positif serta sisi negatif dari segala sesuatu, termasuk belanja online yang kini sudah mewabah di mana-mana. Walau cara belanja satu ini menawarkan banyak kemudahan dan kelebihan, namun kita harus tetap waspada dan berhati-hati karena sudah banyak kasus penipuan mengatasnamakan jual beli online. Dengan menerapkan aneka tips di atas, kita akan terhindar dari segala bentuk penipuan online serta bisa berbelanja dengan lebih nyaman dan aman. Semoga aneka tips di atas dapat membantu kita untuk bertransaksi online tanpa khawatir akan tindak penipuan yang mungkin terjadi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat