Search
tips beli mobil baru

15 Tips Sebelum Beli Mobil Baru di Situs Terpercaya

15 Tips Sebelum Beli Mobil Baru di Situs Terpercaya

KabarWaras.com – Kendaraan pribadi seperti mobil bisa saja termasuk dalam kebutuhan mendasar bagi sebagian orang, terutama mereka yang memerlukan tumpangan pulang pergi bekerja. Mobil bisa didapat dengan dua alternatif, yaitu mobil baru dan juga mobil bekas. Beli mobil baru akan lebih disukai karena kualitas yang terjamin serta meminimalisasi penipuan. Namun, kita harus bersiap akan biaya yang lebih besar. Selain itu, ternyata tidak semua orang paham akan seluk beluk pembelian mobil. Salah-salah, membeli mobil baru sekalipun akan membuat kita tertipu. Oleh karenanya, perhatikan 15 tips berikut sebelum kita pergi ke dealer dan membeli mobil terbaru.

Perhatikan Ini Sebelum Beli Mobil Baru

  1. Teliti Memilih Kendaraan
    Banyak orang berakhir membeli mobil yang salah karena mereka tidak meneliti spesifikasi kendaraan. Mereka yang masih pemula terutama hanya sekedar mengecek body, mesin serta tergiur harga mobil baru murah. Padahal, harga adalah salah satu penanda kualitas. Pilih mobil dari jenis yang sesuai kebutuhan, harga sepadan dengan kualitas dan kemampuan finansial, serta memiliki fitur-fitur yang memang kita butuhkan.
  2. Untuk Siapa Kendaraan Tersebut?
    Pertanyaan ini wajib ditujukan pada diri sendiri. Pasalnya, mobil bagi mereka yang masih single tentu akan berbeda dengan mobil bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki beberapa anak. Ini akan sangat menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
  3. Utamakan Keamanan dan Keselamatan
    Jika mobil digunakan untuk seluruh anggota keluarga, tentunya mobil tak hanya sekedar melindungi diri sendiri namun juga aman dan nyaman untuk semua penumpang. Mobil harus dapat mengakomodasi jumlah penumpang serta barang bawaan. Ciri utama kendaraan multifungsi sebagai mobil keluarga di antaranya adalah kapasitas penumpang yang besar, ukuran kabin yang luas, fungisonal serta dilengkapi aneka fitur hiburan.
  4. Irit Bahan Bakar
    Bahan bakar termasuk dalam salah satu beban utama bagi orang yang memiliki kendaraan. Harga BBM terbilang makin naik dari tahun ke tahun, ditambah kemacetan jalan yang sering terjadi sehingga konsumsi BBM pun semakin boros. Penting untuk memilih mobil baru yang irit konsumsi BBM dan tenaganya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
  5. Desain Yang Tepat
    Selain dari segi fungsi serta harga mobil baru, desain sebaiknya juga indah dipandang. Selera orang akan kendaraan tentu akan berbeda-beda. Beberapa orang mungkin akan menyukai mobil yang mewah serta elegan, namun ada pula yang menyukai mobil imut. Pertimbangkan pula desain mobil yang cukup umum agar dapat dijual lagi dengan mudah dan dengan harga tinggi.
  6. Fitur Keselamatan
    Keamanan dan keselamatan seharusnya jadi salah satu pertimbangan saat cari mobil baru. Cek apakah mobil dilengkapi aneka fitur keselamatan dalam berkendara seperti Dual SRS Airbag, seat belt, auto lock dan fitur rem khusus seperti ABS dan EBD.
  7. Jika Membeli Secara Kredit, Cari yang DP-nya Rendah
    Harga mobil baru memang tergolong tinggi, yaitu di kisaran ratusan juta rupiah. Oleh karenanya, muncul produk seperti Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB guna memfasilitasi mereka yang pemasukannya masih terbatas. Namun, kredit seperti ini juga butuh uang muka yang dibayarkan di awal kredit. Cek dulu kemmapuan finansial dan pilihlah mobil yang besaran uang mukanya terbilang masuk di akal. Jangan sampai kita menambah utang dalam pembayaran uang muka kredit.
  8. Pilih Yang Harga Jualnya Stabil
    Masa pakai kendaraan takkan terlalu lama. Biasanya, orang akan mulai mengganti mobilnya di tahun ke-5. Penurunan harga yang terjadi dapat mencapai 50% ketika statusnya menjadi mobil bekas. Oleh karenanya, sangat disarankan agar kita memilih mobil dengan harga jual tinggi agar dapat meminimalisir potensi kerugian. Harga jual stabil artinya mobil memang cukup umum digunakan dan banyak dicari. Ini akan membuat kita semakin mudah dalam menawarkan mobil bekas nantinya.
  9. Bengkel Resmi Mudah Ditemui
    Kendaraan tertentu dengan jumlah peminat sedikit biasanya akan membuat bengkel resminya juga sulit ditemukan. Ini akan menjadi masalah saat kita hendak melakukan servis rutin atau penggantian suku cadang. Pilih merk mobil yang memang sudah umum di pasaran seperti mobil baru Suzuki atau mobil baru Honda sehingga akan lebih mudah bagi kita dalam menemukan bengkel resminya di kota masing-masing.
  10. Suku Cadang Mudah Didapat
    Selain keberadaan bengkel resmi, ketersediaan suku cadang yang mudah ditemukan juga penting. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila terjadi kerusakan suku cadang pada mobil. Suku cadang yang asing biasanya akan sulit ditemukan dan menyebabkan penundaan proses reparasi. Tidak jarang suku cadang ini akan turut ditentukan oleh merk mobil. Mobil baru Mitsubishi atau mobil baru Toyota terbilang mudah ditemui suku cadangnya sehingga merupakan pilihan yang aman.
  11. Kapasitasnya Memadai
    Pastikan mobil yang dibeli memiliki kapasitas yang sesuai untuk jumlah penumpang sehari-hari. Mobil baru Mazda dari jenis city car misalnya, akan cocok sebagai mobil untuk mereka yang masih single atau baru menikah, namun kurang sesuai bagi keluarga yang sudah memiliki beberapa anak.
  12. Jenis Pembayaran
    Apabila kita berencana menggunakan mobil dengan jangka panjang serta tidak mudah tergiur model mobil baru yang secara rutin dipamerkan, belilah dengan cara kredit. Kita juga dapat membelinya secara tunai apabila dana memang sudah tersedia. Pembelian secara kredit bukan berarti kita tidak mampu, namun hal ini akan menunjukkan seperti apa pengelolaan uang kita. Jangan memaksakan diri apabila memang belum mampu secara finasnial, dan kredit juga kadang dibutuhkan.
  13. Tentukan Kelengkapan
    Jika sudah menentukan satu  mobil dari daftar mobil baru murah yang hendak dibeli, maka perhatikan dulu kelengkapan apa saja yang akan didapat saat membelinya. Beberapa mobil bisa saja tidak dilengkapi kaca film maupun karpet, padahal keduanya akan sangat dibutuhkan. Tanyakan kelengkapan apa saja yang didapat dan negosiasikan agar kita memperoleh lebih banyak kelengkapan secara gratis.
  14. Tentukan Anggaran
    Harga mobil rata-rata sekarang ini adalah Rp200 jutaan. Sesuaikan harga mobil baru 2019 ini dengan kondisi keuangan. Walau bisa didapat secara kredit, namun jangan sampai lupakan tambahan biaya lain yang terbilang cukup tinggi. Jika harga mobil dirasa terlalu berat, maka sebaiknya kita tidak perlu memaksakan diri. Ingat bahwa mobil bukan kebutuhan dasar tiap manusia.
  15. Pajak
    Terakhir, jangan sampai kita lupakan adanya pajak penjualan serta pajak tahunan. Jangan sampai kita melupakannya dan kelimpungan saat ditagih Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM serta Pajak Tahunan. Saat membeli mobil, ingat bahwa bukan harga mobil saja yang harus jadi bahan pertimbangan, namun juga beberapa biaya lain yang mengikuti. Tips beli mobil baru yang satu ini seringkali dilupakan, karena terlalu fokus pada pemilihan mobil yang hendak didapat. Cek besaran pajak ini jika perlu sehingga kita bisa mempersiapkannya.




WhatsApp Now