Tips Berbelanja Online Agar Mendapatkan Barang Sesuai Foto

Tips Berbelanja Online Agar Mendapatkan Barang Sesuai Foto

Tips Berbelanja Online Agar Mendapatkan Barang Sesuai Foto

Seiring dengan perkembangan online shop, semakin berkembang pula kasus-kasus penipuan online yang terjadi. Mulai dari penipuan terhadap kualitas barang, barang bermerk yang ternyata palsu, hingga para penjual yang sengaja membawa kabur uang konsumen tanpa mengirimkan barang yang dipesan.

Namun, kasus yang paling sering terjadi adalah di mana para konsumen mendapatkan barang yang tak sesuai dengan foto. Jika terjadi pada Anda, tentu saja hal ini amat sangat menjengkelkan. Bayangkan saja, Anda membayar dengan harga tertentu, berharap barang yang dibeli sesuai dengan look yang ada di foto. Namun, ternyata barang yang sampai di tangan jauh dari kata sesuai.

Tips Berbelanja Online

Kalau sudah begini, biasanya Anda kapok menjadi konsumen toko online. Sebetulnya, Anda tidak perlu menghindari sama sekali belanja online. Yang perlu Anda lakukan adalah bijaksana dan selalu waspadalah pada saat melakukan transaksi online. Berikut ini kami berikan tips menghindari mendapat barang yang tak sesuai dengan foto.

  1. Cek nama toko dan website

Paling utama adalah cek nama toko dan websitenya, sekaligus media sosialnya. Jika nama toko meyakinkan, tampilan website meyakinkan dan membubuhkan banyak informasi biasanya online shop terpercaya. Jangan lupa memeriksa akun media sosialnya.

  1. Cari tau detail produk yang akan dibeli

Cari tahu mengenai produk yang Anda akan beli pada berbagai sumber. Carilah harga pasaran produk yang akan Anda beli dan bandingkan dengan toko satu dan yang lainnya, mana yang paling masuk akal dengan gambar. Jangan lupa pula untuk selalu mencari tahu detail spesifikasi dari barang yang akan Anda beli. Terutama jika Anda membeli gadget. Anda juga perlu tahu barang tersebut betul dipasarkan di Indonesia atau tidak.

  1. Utamakan Cash on Delivery (COD)

Cash on Delivery atau COD adalah salah satu cara bertransaksi yang paling baik untuk menghindari berbagai penipuan. Barang yang tidak sesuai dengan foto pun bisa Anda langsung complain di tempat di depan penjualnya. Sebab, metode ini memberikan pilihan kepada pembeli dan penjual untuk bertemu secara tatap muka langsung di tempat yang telah disepakati. Transaksi pun dilakukan di tempat tersebut. Jadi, penjual akan menerima uang secara cash. Biasanya yang menerapkan metode ini hanya penjual yang jaraknya cukup dekat dengan pembeli. Karenanya, cukup jarang online shop yang menerapkan sistem ini.

  1. Foto produk asli

Banyak toko online yang menggunakan foto yang diambil dari website resmi produk. Biasanya ini dilakukan oleh para dropshipper atau reseller. Apalagi, foto yang ditampilkan sudah melalui banyak tahapan editing, sehingga detail asli sudah tidak terlihat. Pilihlah online shop yang memamerkan foto-foto asli dari penjualnya agar Anda tidak tertipu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *