Tips Membeli Laptop Baru Dan Bekas

Sebelum memutuskan untuk memlih laptop jenis dan tipe apa yang akan dibeli, sebaiknya Anda memantapkan terlebih dahulu beberapa harga maksimal yang dapat Anda jangkau. Dengan demikian, Anda tidak akan bingun-bingun lagi dengan maslah patokan harga, dan cukup berkonsentrasi pada spesifikasi fisik komponen laptop yang akan dibeli. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda akan memutuskan akan membeli laptop baru.

Tips Membeli Laptop Baru Dan Bekas
1.Periksa semua hardware yang Anda pahmi dalam laptop.
2. Cari tahu tentang ketahanan daya baterai laptop tersebut.Biasanya , baterai memiliki daya tahan maksimal tiga jam masa operasi . Walau demikian , soal daya baterai masih tergantung pada kebutuhan penggunaan dan ukuran dayanya sendiri
3.Soal kebutuhan terhadap penggunaan drive CD Atau DVD Rw, bila memang Anda menginginkan drive DVD writeable , sangat disaranan untuk memilihh saia drive multiformat.
4.Ukuran dan bentuk fisik laptop yang sesuai dengan Anda . Carilah yang bentuk dan terbilang simpel. Kebanyakan ,belakangan laptop kian memiliki ukuran kecil dan bobotnya pun relatif ringan. Nah , pilih dan sesuaikan saja dengan kebutuhan serta kemampuan beli Anda.
5. Demi menjamin kecepatan kinerja yang maksimal , Anda dapat memiliki laptop yang kekuatan RAM-nya miniman 1 GB atau 512 Megabite.
6. Sesuaikan dengan kebutuhan pemakain Anda . Bila memang laptop tidak digunkan untuk menjalankan software atau program-program berat , maka pilih saja lah laptop dengan spesifikasi biasa. Sebaliknya, bila laptop Anda butuhkan untuk menagani pekerja-perkerjaan berat, maka belilah laptop spesifikasi komponen yang ukuran kapasitas lebih besar.
7. Untuk bisa langsung menggunakan laptop , sangat dianjurkan agar Anda menginstall software sistem operasi yang biasa seperti windows xp ,windows 7,windows8 dll, terserah Anda yang diinginkan.

Membeli Laptop Bekas

 

1. Pertama hal , perhatikan kondiri body casing laptop secara kesurulahan. Apakah ada bagiannya yang tergores sehingga mengesankan pemakai sebelumnya kurang merawat  laptop tersebut. Kalau saja bagian luarnya kurang terawat, bukan tidak mungkin  bagian dalamnya juga kurang terawat.
2. Coba perhatikan lebih detail bagian engsel pada casing laptop yang menghubungkan antara layar dengan CPU . Bila ternyata sudah terdapat keretakan, sebaiknya Anda tidak membeli laptop tersebut. Jangan-jangan laptop itu sudah pernah jatuh.
3.Cek juga , apakah daya rekat engsel tersebut masih kuat atau sudah mulai longgar kocak. Pastikan engsel yang Anda periksa sudah kedua-duanya (bagian kiri dan kanan).
4. Coba lihat bagian optical drive-nya. Tanyakan pada si penjual , optical drive jenis apa yang terpasang pada laptop tersebut , kalau CD-ROM tentu harus bisa membaca kepingan CD atau  VCD. Jika DVD ROM  , maka harus bisa membaca CD, VCD , dan DVD . Untuk CD RW jenis burner, maka harus dapat membaca sekaligus membakar atau memburning CD. Demikian juga bila berjenis combo DVD ROM/burner CD RW, harus dapat membaca CD, VCD, DVD. dan membakar CD. Lalu bila disebutkan berjenis DVD RW/DVD+RW, harus baca dan membakar CD dan DVD.
5.Periksa juga bagian layar atau LCD laptop . Lihat lebih detail apakah terdapat garis pada layar, bercak berwarna merah , biru atau hijau , dan bercak berbentuk jamur . Bagaimana dengan keadaan tampilan layar secara keseluruhan , apakah agak redup, atau terkesan tidak jernih, dan bila Anda ingin lebih detail tunggu sejenak apakah layar sering mati sendiri tanpa sebab.
6.Bagaiman dengan keyboard laptop apakah seluruhan tombol berfungsi atau ada bagian tertentu yang rusak atau kadang-kadang kurang berfungsi.
7. Periksa Harddisk . Untuk komponen  yang satu ini Anda harus lebih teliti . Dengarkan secara detail , apakah Harddisk mengeluarkan suara berisik atau kasar yang menandakan secara fisik sudah mulai terganggu. Untuk lebih memastikannya juga Anda dapat mendeteksi melalui program Scrandisk (menu tampilan Dos System). Cek apakah terdapat bagain cluster-nya yang sudah rusak (bad sector). Kalau memang ada, sebaiknya jangan dibeli , atau bila ,memungkinkan diganti saja khusus bagain Hrddisknya dengan yang lebih baik atau beli yang baru sekalian.
8. Lihat bagian baterai , apakah daya tampung arus listriknya masih normal atau sudah mulai ngedrop . Pastikan saat Anda mengecaknya, daya baterai laptop telah terisi penuh . Untuk memeriksanya, jalankan saja beberapa program yang membutuhkan daya listrik cukup besar, seperti memutar film, musik , atau menjalakan game . Jalankan saja untuk beberapa waktu yang lumayan lama. Setelah itu, coba Anda lihat pada iddle indikator daya baterai, apakah dayanya langsung menurun banyak. Bila ya, berarti kemungkinan baterainya tersebut memang sudah melui ngedrop. tapi jika dayanya hanya berkurang sedikit maka baterai masih bagus , atau bahkan tidak berkurang sama sekali.
9. Pastikan bahwa speaker laptop masih berfungsi baik secara keseluruhan.
10. Periksa bagian adaptornya . Lihat  apakah data voltase dan ampere yang tercantum pada adator sesuai dangan yang tertera pada laptop. Bila tidak , maka besar kemungkinan adaptor yang sebetulnaya alias kepunyaan laptop jenis atau merek lain. Periksa juga , apakah kesulauhan bagian adaptor dalam keadaan baik , mulai dari kabel atau jack.
Selain tips yang disebutkan di atas, sebaiknya carilah informasih lebih jauh , kira kira laptop merek dan jenis apa saja yang selama ini dikenal cukup awet dalam kondisi setengan pakai/second. Dengan begitu , Anda mengkin lebih terpandu dalam menetukan kira-kira laptop bekas seperti apa dan bagaiman seharusnya dibeli. Demikianlah sudah Tips Membeli Laptop Baru Dan Bekas ,semuga dapat bermanfaat bagi Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat