Search
tips membeli mobil baru

Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Baru

Tips sebelum beli mobil baru – Banyak orang yang kurang teliti dalam mengecek spesifikasi mobil dan pada akhirnya membeli mobil baru yang salah. Apalagi untuk yang baru pertama kali membeli mobil, biasanya hanya mengecek bodi dan mesin atau hanya tergiur harganya. Padahal untuk membeli mobil harus dipertimbangkan dengan cermat. Mulai dari memilih mobil yang sesuai kebutuhan, tersedia city car, MPV, SUV, dan lain sebagainya. Membeli mobil jangan sampai ceroboh dan membuat Anda menyesal. Cek dulu spesifikasi dan kualitas mobil, termasuk untuk kendaraan-kendaraan yang baru launching. Jika Anda tergiur dengan suatu harga, pastikan dulu kualitas dan performa mobil apakah tidak akan mengecewakan.

Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Baru

Tips Memilih Mobil Sebelum Membeli

  1. Kenali jenis kendaraan

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dealer, sebaiknya Anda sudah kenal dengan beberapa jenis mobil. Ada MPV yang cocok untuk kendaraan keluarga. Jenis lainnya adalah SUV yang cocok untuk Anda yang menginginkan mobil dengan tampilan dinamis dan lain sebagainya. Beberapa kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi jika Anda sudah tahu setidaknya karakteristik dari setiap jenis kendaran, Anda akan lebih mudah untuk menentukan jenis kendaraan apa yang akan dibeli.

  • Tujuan membeli mobil

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil adalah untuk siapa kendaraan ditujukan. Untuk yang masing sendiri dan yang sudah berkeluarga tentu saja membutuhkan kendaraan yang berbeda. Ukuran mobil yang mungil tidak terlalu masalah bagi yang masih single. Namun untuk yang sudah berumah tangga, pasti akan lebih membutuhkan kendaraan yang ukurannya lebih luas. Tips beli mobil baru ini sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan baru.

  • Cek fitur mobil

Memperhatikan fitur yang ditawarkan dari sebuah mobil ini penting untuk konsumen yang berencana membeli mobil, baik yang baru maupun bekas. Fitur keamanan adalah salah satu bagian penting yang perlu dicek sebelum beli mobil baru. Apalagi jika mobil ini akan digunakan untuk kendaraan bersama keluarga. Beberapa fitur yang perlu dicek sebelum membeli mobil adalah fitur dual SRS airbags, fitur seat belt, fitur auto lock agar aman untuk penumpang anak, dan fitur rem seperti ABS dan EBD. Selain fitur keselamatan yang dipasang di mobil, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal mengenai karakteristik mobil yang cocok untuk keluarga. Kendaraan untuk keluarga setidaknya harus memiliki kapasitas penumpang yang banyak, ukuran kabin yang luas, nyaman, aman, dan juga fungsional bagi keluarga. Perhatikan juga fitur entertainment seperti radio atau tv agar penumpang anak tidak merasa bosan di dalam mobil.

  • Bandingkan harga mobil

Selain dari tampilan dan performa mobil, tips beli mobil baru adalah membandingkan harga mobil. Beberapa dealer bisa menawarkan harga yang berbeda-beda. Anda bisa mengecek setiap dealer untuk mendapatkan harga yang cocok. Apabila Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan promo yang mungkin sedang diadakan oleh dealer. Kunjungi pameran mobil yang biasanya diadakan untuk launching kendaraan tipe terbaru dan harga yang mungkin masih promo. Selain harga beli, pahami juga mengenai harga jual kembali untuk bekasnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya jika Anda ingin menjual kembali, tidak kaget dengan harga yang berlaku untuk kondisi bekas. Biasanya untuk kendaraan yang penggunanya banyak akan memiliki harga jual yang lebih stabil dan tidak terlalu murah.

  • Layanan dealer

Perhatikan juga mengenai layanan yang diberikan dealer, sebagai konsumen tentunya Anda menginginkan pelayanan yang memuaskan. Customer service yang responsif dan ramah, petugas yang cekatan menangani Anda, dan lain sebagainya. Tidak hanya layanan saat Anda membeli kendaraan, tetapi juga untuk after sale service. Tips yang satuini sebaiknya tidak disepelekan agar jika nanti ada masalah, Anda bisa mendapatkan solusi dari tempat Anda membeli mobil. Kebanyakan dealer memberi garansi untuk kendaraan baru yang Anda beli, seperti service dan ganti oli gratis untuk beberapa bulan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang berencana beli mobil baru di dealer terdekat. Gunakan juga layanan test drive yang disediakan sehingga Anda bisa lebih mantap untuk membeli kendaraan baru.

Reviews

  • 2
  • 6
  • 1.6

    Score




WhatsApp Now