Tips Membuat Baterai Laptop Anda Awet

Pernahkan Anda mendengar cerita dari teman atau orang lain, yang mengatakan bahwa ternaga baterai laptopnya sudah mulai nge-drop? Nah besar kemungkinan baterai yang digunakan tersebut tidak mendapatkan perlakuan baik, sehingga tidak bisa tahan lama dalam menyimpan arus listrik.

Tips membuat baterai laptop Anda awet
Untuk itu , berikut tips pratis tentang bagaimana merawat atau menjaga baterai laptop agar tenaganya tetap awet
Tidak jarang , saat kita menggukan laptop, kita juga sambil melakukan proses charging atau disebut juga (pengisian kembali)  terhadap baterai laptop tersebut. Nah, kadang-kadang kita tidak menyadari, ketika proses charcing sudah selesai, kabel charger (alat pengecas baterai masing terus terpasang alias tidak dilepaskan dari bagian laptop. Akibatnya, bisa saja selama berjalan kabel charjer terus terpasang ,sementara baterai suda terisi penuh. Ini jelas membuat baterai yang sebetulnya sudah penuh, tetap dipaksa untuk menerima dari menyimpan aliran listrik yang diolah dari bagian charger. Tahukah Anda ,inilah sebetulnya yang membuat baterai laptop menjadi panas dan bila sering terjadi jelas akan membuat baterai itu lebi cepat ngedrop.
Seimbangkan waktu atau intensintas pemakaian antara baterai dengan alus listrik searah (AC). Terlalu sring menggunakan arus AC tentu akan membuat baterai menjadi lebih kurang awet (tenaga kurang ). Demikian juga dengan kemampuan dalam menyimpan arus listrik yang masuk melalui charger , akan jauh lebih berkurang , jadi jangan sampai Anda terbilang mengunakan tenaga dari baterai laptop.
Sebelumnya sudah disinggung, bahwa debu atau jenis kotoran lainya sering kali menyelinap masuk kedalam hal salah satunya termasuklah baterai. Bagian baterai yang paling sering dihinggap debu atau kotoran merupakan penguhubung antara body laptop dengan baterai itu sendiri ; melalu konektorlah arus listrik dari baterai masuk ke dalam laptop. Bila tidak ada konektor, maka dipastikan arus listrik dari baterai tidak akan bisa diantarakan ke dalam bagian laptop. Bila ternyata konector kotor atau dihinggapi tumpukan debu . maka dipastikan fungsinya tidak berjalan baik. Coba bayangkan , tentu arus listrik tidak akan  masuk/berjalan normal melalui konecktor. jika konecktor itu sendiri ternyata kotor. Jadi, langkah utama yang harus segera diambil adalah membersikan bagian konecktor tersebut.
Caranya, ambillah sejumlah kapas atau sebatang cotton bud yang tentunya masih keadaan bersih.Celupkan kapas atau cotton bud tersebut ke dalam alkohol, lalu silakan usap secara hati-hati ke konecktor untuk mulai membersikan bagian-bagiannya yang kotor. Lebih jauh,sebaiknya langkah pembersihan juga dilakukan terhadap keseluruhan bagian baterai. Lakukuan dengan menggukan kain atau busa halus  untuk menyisihkan debu-debu yang  mengotori. Mudah-mudahan , baterai laptop Anda dapat awet jika keseluruhan tips rutin dilakukan sediap 3-5 bulan sekali. Demikilah sudah tips membuat baterai laptop awet semuga bisa bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat