Tips Mencari Lowongan Kerja

Tips Mencari Lowongan Kerja Yang Sesuai Keahlian

Tips Mencari Lowongan Kerja yang Sesuai Keahlian

Mencari pekerjaan sudah menjadi tahapan kehidupan yang akan dilalui oleh Anda yang telah selesai menempuh jenjang pendidikan terakhir. Akan tetapi ternyata mencari pekerjaan tidak semudah yang dipikirkan. Persaingan yang semakin ketat membuat para pencari kerja perlu memiliki keahlian khusus agar dapat dengan mudah dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mencari tenaga profesional. Nah, bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja sebaiknya ketahui dulu tips-tipsnya.

Saat ini jenis media yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan sudah jauh lebih luas dibandingkan dulu. Jika dulu lowongan pekerjaan umumnya ditempel dalam bentuk tertulis ataupun ditayangkan di media cetak, saat ini Anda bisa dengan mudah mengakses situs lowongan pekerjaan dari mana saja. Era digital saat ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi mengenai rekrutmen atau lowongan kerja lainnya hanya dengan mengakses internet. Ada banyak situs yang bisa Anda kunjungi yang menawarkan berbagai pilihan lowongan mulai dari lowongan kerja lulusan SMA, lowongan kerja lulusan D3 hingga lowongan kerja lulusan S1. Agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian yang sesuai dengan keahlian dan jenjang pendidikan, ikuti beberapa tips berikut ini :

  • Buat akun di situs-situs pencari kerja dan isikan identitas diri selengkap-lengkapnya

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan informasi terkini mengenai lowongan pekerjaan adalah melalui situs-situs pencarian kerja di internet. Cara ini selain mudah juga murah karena situs-situs tersebut dapat diakses secara gratis oleh siapa saja. Agar perusahaan yang mencari tenaga kerja di bidang keahlian Anda bisa melirik profil Anda, tampilkan informasi yang lengkap mengenai latar belakang pendidikan, prestasi maupun pengalaman organisasi yang pernah Anda miliki. Jabarkan dengan singkat, padat dan jelas supaya perusahaan dapat langsung mengetahui kualitas diri Anda. Untuk semakin menarik minat perusahaan agar membaca resume Anda, buatlah desain semenarik dan seefektif mungkin.

  • Gunakan fitur filter untuk menyeleksi jenis lowongan yang akan tampil di halaman utama

Selain membuat deksripsi diri yang baik di situs pencari kerja, Anda juga dapat mengaktifkan fitur penyaringan yang biasanya disediakan oleh situs tersebut. Anda bisa membatasi jenis-jenis lowongan yang ditampilkan sesuai dengan keinginan Anda. Saringlah informasi lowongan ini berdasarkan bidang keahlian dan jenjang pendidikan Anda agar Anda bisa lebih mudah menemukan pekerjaan impian yang sesuai.

  • Ikuti forum-forum pencari kerja yang sesuai dengan bidang Anda

Selain mengunjungi situs pencarian kerja, Anda juga bisa bergabung di forum-forum pencari kerja di media sosial. Saat ini banyak jenis media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan impian. Ikuti komunitas atau forum pencari kerja di bidang yang Anda minati, dengan begitu Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang cocok.

  • Cari dan ikuti kegiatan magang di perusahaan yang bergerak di bidang Anda

Sambil mengisi waktu tunggu sebelum memperoleh pekerjaan tetap tidak ada salahnya untuk mencoba mencari peluang magang di perusahaan atau instansi yang Anda minati. Magang ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu yang singkat, tetapi kesempatan ini sangat bermanfaat untuk mengasah softskill serta menambah jaringan Anda. Siapa tahu setelah selesai periode magang Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi pegawai tetap.

  • Buat daftar perusahaan atau instansi yang bergerak di bidang yang Anda kuasai

Agar Anda lebih fokus dalam mencoba mendaftarkan diri ke perusahaan-perusahaan, sebaiknya buatlah daftar yang berisi instansi ataupun perusahaan yang sekiranya membutuhkan tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan dan keahlian Anda. Pembuatan daftar ini dapat mengerucutkan pilihan dan membuat Anda lebih fokus untuk mencoba melamar di instansi yang memang membutuhkan Anda.

Mencari pekerjaan membutuhkan mental yang kuat dan pantang menyerah, terlebih di era saat ini. Jangan cepat putus asa jika Anda belum kunjung mendapatkan pekerjaan sesuai yang Anda impikan. Terus mencoba dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lowongan pekerjaan di bidang Anda. Selain itu, asah terus kemampuan Anda agar bisa melalui semua tahapan seleksi dengan baik. Jika memang belum beruntung mendapatkan pekerjaan yang sesuai keahlian tidak perlu risau, manfaatkan kesempatan untuk belajar mengasah kemampuan bekerja sembari mencari lowongan lainnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat