Tips merawat dan melindungi hardisk Pc/laptop

Secara umum , hardisk dikenal sebagai median penyimpanan data pada sebuat komputer . Jika dilihat dari namanya arti dari kata( Hardisk = Hard berarti kesas dan Disk = berarti piringnya, nah maka dari itulah hardisk  berbentuk piringan (bulat) keras yang bernama paltter yang sangat sensitif. Oleh dari itu hardisk selalu dilindungi oleh logam pada lempengan hardisk (bentuk fiksik yang biasa Anda lihat) agar tidak terkontaminasi oleh debu ataupun partikel lain. Sebagai penyimpanan (tempat tersimpannya data-data Anda) hardisk malah memiliki resiko yang fatal dibandingkan komponen komputer lainnya. Bayangkan jika data penting  hasil perkerjaan yang Anda kerjakan selama bertahun-tahun tiba-tiba hilang begitu saja karena hardisk sudah tidak berfungsi lagi dan rusak.

 Tips merawat dan melindungi hardisk Pc/laptop

Oleh karena itu perawatan dan pelindungan kesehatan hardisk harus Anda lakukan sejak dini agar hardisk terawat dan selalu dalam keadaan optimal. Hal ini sangat diperlukan untuk terhadap kinerja dari komputer Anda sendiri.

Berikut ada bebarapa tips untuk merawata hardisk Pc/laptop supaya awet dan tahan lama.

Biasakan Mematikan Denugan Shutdow.

Matikan komputer/laptop secara prosedur, yaitu menjalankan Shutdown atau Turn Off.
Hindari mematikan komputer secara langsung ,yaitu mencabut arus listrik pada komputer yang sedang aktif. Hal ini akan menyebakan hardisk cepat rusak dan jebol tidak tahan lama.


Periksa Arus Listik 

Pastikan kondisi listrik di rumah atau kantor lokasi kamputer berada dalam keadaan yang selalu stabil. Jika listrik tidak stabil, tegangan arus akan naik-turun naik -turun dan sering mati nyambung yang secara otomatis membuat komputer mati secara tiba-tiba, segeralah lengkapi komputer Anda dengan stavolt (stabilizer voltase) atau yang lebih baik lagi dengan UPS.


Jaga Dan Hindari Dari Guncangan

Hindari gunncangan dan benturan pada hardisk komputer kerena hardisk tidak tahan terhadap goncangan yang mengakibatkan head membentur platter yang tidak semestinya dan merusak hardisk tersebut. Hal ini sering dan kerak terjadi pada laptop dan notebook biasanya sering dibawa berpergian. Sebaiknya gunakan tas khusus untuk laptop/natebook yang padat saat berpergian.

Kondisikan Suhu Pada PC/Laptop Anda

kondisikan suhu PC /laptop merupakan salah satu hal yang penting banget yang Anda harus perhatikan termasuk hardisk pemakaian komputer yang terlalu lama akan menyebabkan hardisk sangat panas , gunakan dalam sebatasan sewajarnya aja. Meskipun sepele, panas yang berlebihan bisa saja membakar hardisk. Pasanglah kipas yang cukup untuk mengimbangi sirkulasi di dalam CPU.

Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows 

Microsoft telah menyediakan sebuah tool khusus untuk membersikan sampah data yang bernama Disk CleanUp pada setiap versi sistem operasi Windows. Tool ini dapat Anda jalankan dengan klik Start All program – Pilih Accesories – System tool – dan Disk Clean Up atau dengan cara yang lebih singkat dengan “windows” + “R” secara bersamaan – ketik

Demikianlah itu beberapa tip merawatan hardisk Pc/laptop Semoga cara tersebut bermanfaat dan dapat mengurangi laptop anda dari kerusakan fatal.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat