Tips Merawat Perangkat Kelas (Hardware) Laptop

Sebagian besar hardware maupun perangkat keras yang terdapat pada laptop adalah komponen sangat penting yang tentunya harus dirawat dengan baik-baik. Bila Anda tidak mengerti maka jangan harap umur laptop Anda bisa berumur panjang. Harap diketahui, bila software laptop Anda yang rusak, maka tidak perlu pusing atau mengeluarkan dana banyak untuk memperbaikinya. Sebaliknya , bila hardware laptop yang rusak , apalagi bagian hardware laptop virtal, maka akan lebih repot urusannya karena bisa saja Anda harus mengganti , dan tentunya menelan banyak biaya, atau minimal membayar ongkos perbaikannya. itulah mengapa dikatakan bahwa merawat bagian hardware laptop sangat penting. Prosesor contohnya , layar monitor , baterai Harddisk, keyboard , dsb, adalah komponen-komponen yang harus dirawat dan diperhatikan secara rutin. 
Untuk lebih jelasnya , berikut bebarapa tips yang bisa di lakukan dalam merawat sejumlah bagian hardware laptop.

Memantau dan Membersikan Prosesor

Memantau dan membersikan prosesor setidaknya dapat Anda lakukan dalam rentang waktu 4-8 bulan sekali.Atau bahkan bila memang jam terbang laptop sangat tinggi, maka lebih sering dari waktu yang disebutkan di atas , akan jauh lebih baik.
Mengapa tips ini perlu dilakukan? Coba bayangkan , kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa ketika beroperasi , laptop terbilang sering kemasukan sejumlah debu atau kotoran. Dan sudah jelas, bahwa salah satu tempat empuk untuk bersarangnya debu atau kotaran adalah prosesor. Bila ini berlangsung lama dan tidak sering dipantau, maka bisa dibayangkan akan begitu tebal debu dan banyak kotoran yang menyelinap ke bagian prosesor.

Bila debu atau kotaran tertentu talah menumpuk atau menutup prosesor, maka suhu prosesor akan cenderung meninggi. Sebab sirkulasi udara ke bagian komponen ini menjadi kurang maksimal, dan akibat-nya karena suhu prosesor tidak normal maka keamampuannya berkerja menjadi kurang baik. Bahkan cukup lama, prosesor akan mengalami overheating atau kelewat panas.
Tips ini sebetulnya lebih diperuntukkan bagi mereka yang memiliki cukup pengetahuan teknis, Langkah awal yang bisa dilakukan adalah , dengan mem buka casing laptop secara hati-hati dan perlahan. Setelah itu ,dengan cermat lepaskan prosesor dari bagian slot pemasangannya. Bila sudah berhasil ,bersihkan prosesor dengan menggunakan kuas halus serta lakukan secara hati-hati. Sebaiknya Anda tidak mengusap-usapnya dengan terlalu kuat, apalagi hingga menekannya.
Kemudian , kalaupun Anda bukan orang yang terlalu paham soal bongkar-mengbongkar laptop atau sebetulnya paham, namun karena sedikit ragu , maka sangat disarankan untuk lebih menyarahkan laptop pada agen atau gerai service tertentu. Biar kan mereka yang berkerja berdasarkan saran serta arahan Anda. Meskipun akhirnya bukan Anda yang membersikan prosesor laptop , tapi setidak-tidaknya Anda menjadi paham bahwa bahwa bagian prosesor laptop sangat penting dibersihkan secara berkala.

Memastikan Harddisk Tetap Kencang

Prinsip kerjanya hampir sama dengan tips perawatan prosesor diatas. Di mana , kita membersikan kotoran berupa debu yang menepel pada kompone.

Harddisk . Bila Harddisk dibiarkan kotoran dan berdebu, maka itu akan mengganggu kelancaran kerjanya. Kumpulan debu membuat suhu Harddisk sewaktu-waktu menjadi lebih panas dan tidak normal. Sudah bisa dibayangkan. Bila Harddisk bekerja pada kondisi suhu tinggi alias panas , maka hasil kerjanya menjadi lebih lamban.
Karena itu, lakukanlah langkah pembersihan serutin mungkin terhadap Haddisk laptop Anda . Agar lebih efektif dan efisien, tips ini bisa dilakukan secara bersamaan saat kita juga membersikan prosesor Alat yang digunakan sama dengan pada saat membersikan prosesor; yaitu kuas halus. Dengan tidak mengguakan cairan apa pun, tidak menekan keras, serta berlaku hati-hati, maka mudah-mudahan tips merawat Harddisk ini menjadi lebih bermanfaat. Demikianlah sudah Tips Merawat Perangkat Kelas (Hardware) Laptop semuga bisa bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat