Tips Merawat Perangkat Lunak Software Laptop

Sebagaimana diketahui bahwa software atau perangkat lunak adalah serangkaian perintah elek tronis dan matematis yang menggerahkan sistem operasi pada laptop. Bila tanpa software maka dapat dipastikan laptop tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Dengan software , laptop dapat mengakses program-program yang dibutuhkan si penggunanya.
Tips Merawat Perangkat Lunak Software Laptop
Software sistem operasi  yang kini banyak dipakai dikalangan pengguna laptop adalah Windows, Mulai dari window Xp hingga Vista, bahkan seri windows terbaru yang dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan cepat. Dalam penggunaan laptop, tidak jarang software, sebagai ” mesin” , pengerak sistem operasi, mengalami beberapa masalah. Mulai dari sistem error yang sifatnya ringan hingga kegagalan operasi yang dapat membuat akses-akses program pada laptop terhenti sama sekali. Nah, bila saja dalam menggunakan laptop, software menghapi malasah demikian, tentu kita menjadi kurang nyaman bukan .Apabila ketika menjalankan program penting.
Karena itulah untuk merawat software sistem operasi windows laptop, Anda sangat disarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi PC maintenance berikut ini :


1.CCleaner

CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.


2.RevoUninstaller 

Revo Uninstaller Pro dapat membantu Anda untuk menghapus software atau menghapus program yang tidak diinginkan yang terinstal pada komputer Anda, bahkan jika Anda memiliki masalah menghapus dan tidak bisa menghapus mereka dari “Windows Add or Remove Programs”. Program ini juga dapat membersihkan sistem registry dari software yang anda uninstall, sehingga dipastikan komputer anda bersih dari program yang anda uninstall, bahkan baunya saja tidak terdeteksi. Satu kelebihan dibandingkan uninstaller bawaan windows.


3.MCafee

McAfee VirusScan Plus 2010 with SiteAdvisor merupakan software yang “menggabungkan” Anti-virus, Anti-spyware, Firewall, dan Web Site Safety Ratings.

4.Defraggler

Dibandingkan dengan defrag bawaan windows adalah, defraggler dapat melakukan defrag pada file dan folder tertentu saja tanpa harus men-defrag keseluruhan drive hardisk sehingga bisa mempercepat prosesnya. Defragmentasi perlu dilakukan agar respons hardisk selalu terjaga. Sayangnya, tool defrag bawaan dari Windows bekerja terlalu lambat ketika melakukan defrag. Defraggler dibuat oleh Piriform, perusahaan yang juga membuat Software CCleaner. Program ini berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer anda dengan mengatur sektor-sektor pada hardisk untuk disesuaikan pada type file agar harddisk mudah untuk dibaca oleh komputer.


5.TweakManager

Adalah sebuah freeware yang mudah untuk digunakan dan sangat simple. Inilah yang menjadi kelebihan dari program satu ini. Aplikasi ini memberikan beberapa pilihan tweaking yang mudah untuk dipilih dan diaktifkan oleh user. Dan ditampilkan seperti sebuah daftar yang disertai option checkbox. Dapat juga dikatakan bahwa ini adalah jalan pintas konfigurasi sistem operasi komputer Anda.


6.BatteryCare

Software ini dipercaya bisa merawat battery laptop kita dengan semua kecanggihan yang telah ditanamkan di sofware ini. Salah satunya “discharge cycle”, singkat kata pengertiannya, yaitu kita tidak perlu takut battery kita rusak walaupun, kondisinya 100% full dan charger terpasang di laptop.
Demikianlah  beberapa langkah untuk merawat perangkat lunak software laptop Anda  dengan menggukan beberapa Aplikasi. Semuga bisa bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat