tumbuh kembang anak usia dini

Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Usia dini pada anak merupakan masa periode emas anak terutama dalam proses tumbuh kembangnya. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak memiliki arti yang berbeda namun tetap menjadi dua hal yang selalu berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Pertumbuhan anak adalah proses pertumbuhan fisik anak yang menjadi semakin besar baik itu dari berat badan, tinggi badan, dan bagian anggota tubuh lainnya, termasuk jaringan otak yang semakin lengkap. Sedangkan perkembangan pada anak merupakan proses bertambahnya fungsi jaringan dan cara kerja otak untuk kepentingan tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak.

Untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang pada anak, terdapat aspek-aspek yang perlu diketahui oleh kedua orang tuanya yang berperan sebagai pendukung utama dalam segala aktivitas anak seperti beberapa aspek perkembangan anak usia dini berikut ini :

  1. Perkembangan kognitif pada anak, yaitu perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berfikir dan bertindak. Melalui kemampuan kognitif ini, seorang anak dapat melatih kemampuannya dalam menghadapi suatu masalah dan mengetahui cara penyelesaiannya melalui sikap dan tindakannya secara tepat.
  2. Perkembangan emosional pada anak, yaitu perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan seorang anak dalam mengontrol perasaanya sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapinya.
  3. Perkembangan sosial pada anak, yaitu perkembangan kemampuan anak dalam memahami jati diri dan mulai mengetahui cara bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
  4. Perkembangan komunikasi dan berbahasa pada anak, yaitu perkembangan kemampuan dalam berbahasa melalui informasi yang didengar, ditulis, dibaca, maupun diucapkan sebagai faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan mengekspresikan pikirannya, perasaannya serta komunikasinya.
  5. Perkembangan motorik pada anak, adalah perkembangan kemampuan anak yang berkaitan dengan pertumbuhan fisik yang dialaminya dan kemampuan dalam menjalankan fungsi fisiknya seperti kemampuan dalam berjalan, berlari, melompat, dan sebagainya.
  1. Perkembangan sensorik pada anak, yaitu perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam menggunakan pancainderanya, terutama dalam menerima, mengingat, dan menyampaikan informasi yang di dengar atau yang dilihatnya. Kebebasan untuk bereksplorasi yang dimiliki seorang anak dapat mengoptimalkan perkembangan sensoriknya.

Itulah beberapa aspek perkembangan anak usia dini yang perlu anda ketahui guna untuk membantu proses tumbuh kembangnya agar berjalan dengan optimal.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat