Tumbuh Kembang Anak Usia 1 - 2 Tahun

Tanda Ideal Tumbuh Kembang Anak Usia 1 – 2 Tahun

http://www.zwitsal.co.id/ayah/pentingnya-kasih-sayang-ayah-untuk-tumbuh-kembang-anak/
Menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua saat melihat/ memantau tumbuh kembang anak khususnya saat berusia 2 tahun. Perlu anda ketahui bahwa usia 2 tahun atau 24 bulan merupakan suatu periode dimana bayi secara bertahap mulai menunjukan perkembangan baik fisik maupun psikis terhadap lingkungan sekitar.
Yang menjadi persoalan yaitu banyak orang tua tidak begitu memahami atau bahkan tidak mengerti sama sekali tanda ideal tumbuh kembang anak saat berusia 2 tahun. Tanda tanda yang akan diulas pada artikel ini sangat penting diketahui oleh setiap orang tua khususnya ibu karena bisa dijadikan patokan/ evaluasi untuk menilai apakah sang buah hati telah tumbuh secara normal atau tidak.

Apa Saja Tanda Ideal Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Perkembangan anak usia 2 tahun dapat dilakukan dengan mengacu kepada berbagai kategori meliputi perkembangan Sensorik dan Kognitif dimana sang anak sudah bisa berbicara merangkai beberapa suku kata menjadi kalimat. Pada masa usia 2 tahun tersebut, anak terlihat sering bercoleteh karena rasa keingin-tahuan yang besar dan sebagai ungkapan ekspresi terhadap lingkungan sekitar rumah.
Perkembangan Kognitif anak usia 2 tahun idealnya sudah bisa mengatakan bahwa ia merasa lapar/ haus kepada orang tuanya. Sang anak pun mulai belajar melepas pakaiannya sendiri ketika hendak mandi dengan menggunakan sabun Zwitsal. Sementara itu jika mengacu pada pertumbuhan fisik maka anak usia 2 tahun sudah memiliki 16 buah gigi susu yang tumbuh sempurna, otot tubuh semakin kuat dan lincah dimana untuk mendukung kegiatan eksplorasinya terhadap hal hal baru disekitar.
Keterampilan Motorik anak ketika menginjak usia 2 tahun pertama sejak dilahirkan secara normal ditandai dengan kemampuan koordinasi keseimbangan tubuh dimana anak sudah bisa berlari, mengambil objek maupn melakukan berbagai kegiatan fisik seperti menendang bola, melempar dan memiliki respon yang baik terhadap orang lain/
Sementara itu untuk pekembangan psikologis anak 2 tahun sudah mulai secara bertahap belajar mandiri. Mereka seringkali meniru apa yang orang tua lakukan, jadi pada tahap inilah setiap orang tua hendaknya memberikan contoh/ teladan yang baik dimana kelak akan membentuk kebiasaan anak di masa mendatang. Sekian ulasan mengenai tanda ideal tumbuh kembang anak usia 2 tahun, semoga bermanfaat.



WhatsApp chat