Tumbuh Kembang Anak

Permasalahan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Permasalahan dalam Tumbuh Kembang Anak

Proses tumbuh kembang anak pada umumnya akan terjadi selama mereka berada dalam usia dini, yaitu antara usia 0 bulan, usia batita, balita, hingga remajanya. Pada masa ini seorang anak bisa dikatakan tengah berada pada masa pengembangan diri, dimana proses pertumbuhan dan perkembangan masih terus berjalan mulai dari frekuensi yang cepat, semakin melambat dan hingga akhirnya berhenti saat anak memasuki usia dewasanya. Pada masa pengembangan diri ini, seorang anak sangat memerlukan stimulasi (rangsangan otak) yang dapat melatih kepekaan otak anak untuk mencapai tubuh kembang yang optimal.

Permasalahan dalam Tumbuh Kembang Anak

Selama ini, terdapat beberapa aspek perkembangan anak usia dini yang mencakup perkembangan motorik anak, perkembangan sensorik anak, perkembangan kemampuan berbahasa anak, perkembangan kemampuan sosial anak, perkembangan kemampuan emosional anak, dan perkembangan kemampuan kognitif pada anak. Keenam aspek perkembangan ini merupakan faktor-faktor penilaian terhadap tumbuh kembang fisik dan otak anak yang dapat dilihat melalui berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak daam kehidupan sehari-harinya.

Dalam proses pelaksanaannya, keenam aspek tersebut saling berkaitan dan harus berjalan seimbang. Jika salah satu dari aspek perkembangan anak usia dini ini mengalami hambatan, maka akan mempengaruhi apek-aspek lainnya. Namun, terkadang permasalahan dalam aspek-aspek perkembangan anak ini kerapkali datang dan tidak dapat dihindari. Lalu apa saja permasalahan dalam aspek-aspek tersebut ?

  1. Permasalahan dalam perkembangan motorik :

  • Gangguan fungsi panca indera
  • Cacat tubuh
  • Kegemukan (obesitas)
  • Gangguan gerak peniruan (stereotipik)
  1. Permasalahan dalam perkembangan kognitif :

  • Kesulitan dalam memahami atau mengerti sesuatu yang dijelaskan
  • Lambat dalam mengerjakan sesuatu
  • Sulit dalam berkonsentrasi
  • Keliru dalam menyelesaikan persoalan
  • Tingkat intelegensi yang rendah (rendah mental)
  1. Permasalahan dalam perkembangan berbahasa, yaitu keterbatasan kemampuan dalam menangkap pembicaraan atau tidak mampu menjawab dengan benar.
  2. Permasalahan dalam perkembangan sosial, yaitu ketidak mampuan anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.
  3. Permasalahan dalam perkembangan emosional, yaitu ekspresi emosi anak yang mudah berubah dengan cepat dan belum bisa mengendalikan sifat emosionalnya dengan baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat