Candi-Candi Indah di Sekitar Yogyakarta Prambanan

Candi-candi Indah di Sekitar Yogyakarta Prambanan

Yogyakarta Prambanan salah satu lokasi wisata terkenal yang ada di Jawa Tengah, ia adalah komplek candi Hindu Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Tak hanya obyek yogyakarta wisata alam atau taman bermain saja, beberapa orang justru lebih tertarik dengan sejarah, hal-hal yang berhubungan dengan masa lampau dan masih ada hingga saat ini. Salah satunya dengan melihat bukti peninggalannya. Tepat jika mengambil tempat liburan di Jawa Tengah.

Kota yang juga dijuluki sebagai kota pelajar ini memiliki lebih dari 10 kompleks wisata sejarah yang terkenal. Cocok juga untuk wisata edukasi bersama dengan anak-anak. Karena sangat sulit mengajarkan tentang sejarah jika tak melihatnya secara langsung. Prambanan Jogja ini adalah salah satu kompleks candi terbanyak, ukurannya mungkin tak sebesar Borobudur namun jumlahnya ada ratusan. Paling tidak Anda harus mengarungi beberapa hektar lahan jika ingin melihat secara keseluruhan.

Tetapi tak hanya dengan mengunjungi Prambanan saja, ternyata masih ada beberapa obyek wisata candi lain yang tak kalah menarik di sekitarnya, diantara nama-nama tersebut adalah:

1.Candi kalasan, ia berada tak terlalu jauh dari Prambanan, hanya berkisar beberapa puluh meter saja dari JL Yogya-Solo. Konseptor yang membangun candi ini sama dengan Borobudur meskipun ukurannya sendiri tak sebesar Borobudur. Ia juga hanya memiliki satu bangunan utama. Masih kokoh meskipun ada beberapa batu yang berserakan di pinggirnya.
2.Candi plaosan lor dan kidul, artinya memang ada 2 jenis candi Plaosan yang ada di bagian selatan juga utara. Kawasan ini termasuk dalam jajaran candi yang indah, pemandangan di sekitarnya nampak seperti pasir cokelat, ditambah dengan bangunan candi yang menjulang tinggi, viewnya sangat bagus untuk berfoto. Jadi jangan lewatkan untuk abadikan gambar disini.
3.Candi sari, kompleksnya langsung berbatasan dengan rumah penduduk, sehingga terlihat kecil, padahal sebenarnya sangat besar jika ingin mengelilinginya. Bangunannya tak jauh berbeda dengan candi kalasan.
4.Candi sambisari, agak berbeda dengan candi sari maka yang satu ini memiliki konsep benar-benar tertata dengan rapi, khususnya adalah pada bagian kompleks candi. Tak hanya bangunan utama melainkan juga ada beberapa bangunan pendukung yang berada dalam satu petak tanah. Lokasinya cukup dekat dengan Bandara Adi sucipto.
5.Istana Ratu Boko, pemandangan akan sangat menarik jika Anda datang di sore hari menjelang malam, berada di bagian selatan Prambanan ini memiliki satu area besar, biasanya tiket masuk juga akan digabungkan dengan Prambanan.

Temukan juga informasi dari beberapa candi lainnya yang ada di sekitar Yogyakarta Prambanan di Indonesia.travel. obyek wisata menarik tak harus selalu berbau alam, sekali-kali datang ke tempat yang menyimpan sejarah dan nilai edukasi, sangat penting untuk mensyukuri apa yang saat ini dimiliki.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat