Tips Membuat Deterjen Cair Matic

Tips Membuat Deterjen Cair Matic

Deterjen cair matic merupakan campuran dari deterjen dengan softener (pelembut) dan banyak digunakan oleh para pengusaha laundry. Penggunaan deterjen ini membuat proses pencucian menjadi lebih mudah, hemat dan efisien juga hasil cucian lebih wangi serta bersih. Deterjen ini banyak dijual di pasaran dan harganya juga sangat terjangkau. Selain membuat hasil cucian menjadi lebih wangi dan bersih, deterjen cair matic juga membuat mesin cuci anda menjadi lebih awet karena tidak menimbulkan kerak pada mesin cuci sedangkan jika anda memakai deterjen bubuk maka mesin cuci anda akan sering muncul kerak sebab deterjen bubuk lebih membutuhkan waktu lama untuk larut dalam air serta meninggalkan sisa residu.

Anda sebenarnya bisa membuat sendiri deterjen cair matic asalkan anda tahu apa saja bahan yang dibutuhkan dan proses pembuatannya. Dalam pembuatan deterjen cair matic ini anda membutuhkan beberapa bahan yaitu Sodium lauryl sulfanote atau lebih dikenal dengan nama Texapone. Fungsi dari bahan ini untuk meningkatkan daya bersih dan ciri-ciri dari bahan aktif ini yaitu mempunyai busa yang banyak. Untuk bahan pengisi yang digunakan adalah Sodium sulfat (Na2SO4). Selanjutnya bahan penunjang yang dibuthkan yaitu soda abu (Na2CO3) dan Sodium Tripoly Posphate (STPP). Bahan tambahan lainnya yang dibutuhkan yaitu Carboxyl Methyl Cellulose (CMC) serta parfum untuk bahan wangi. Kemudian untuk peralatan yang dibutuhkan antara lain wadah, pengaduk kayu dan saringan deterjen.

Untuk proses pembuatannya yang pertama yaitu campurkan Texapon dengan NaHCO3 lalu aduk. Setelah larutan tersebut tercampur tambahkan dengan Na2CO3 kemudian aduk lagi sampai larut. Setelah larut tambahkan larutan Na2SO4 sambil terus diaduk sampair larut dan terakhir tambahkan STPP atau CMC. Campurkan larutan tersebut dengan bahan wangi atau parfum kemudian aduk lagi dan saring menggunakan saringan deterjen. Diamkan untuk beberapa saat kemudian kembali di saring lagi agar larutan yang didapatkan benar-benar bersih. Proses pembuatan deterjen cair matic tersebut sudah selesai dan anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan sendiri maupun dijual.

Posting Komentar