Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Bunda, apakah saat bunda bingung bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Pastinya permasalah si kecil yang sedang mogok makan bisa membuat bunda stress. Tahukah bunda, bahwa kebutuhan makan pada buah hati haruslah tercukupi dengan selalu memperhatikan nutrisi yang diberikan. Sayangnya, kebiasaan susah makan atau picky eaters ini sering kali dialami oleh anak-anak, dan sebagai orang tua, bunda harus cerdas dalam mengetahui cara mengatasi anak susah makan.

Fakta Seputar Anak Susah Makan 
 
Perlu bunda ketahui bahwa kebiasaan anak yang susah makan merupakan salah satu kelainan dalam tumbuh kembangnya dan 25% kejadian ini ditemukan pada masa kanak-kanak. Bahkan, perlu bunda ketahui bahwa jumlah anak yang mengalami susah makan ini akan bertambah sebesar 40% – 70% pada anak yang lahir secara premature atau menderita penyakit kronis. Oleh sebab itu, bunda harus segera mencari solusi cara mengatasi anak susah makan sehingga hal ini kedepannya tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Diagnosa Anak Susah Makan
 
Terkait dengan cara mengatasi anak yang susah makan, ternyata untuk mengatasi hal ini bunda bisa melakukan diagnosa sejak dini. Jika bunda mendapati si kecil pada usia 0-6 bulan hanya mengkonsumsi ASI dengan jumlah 60-75cc dan pada 6 bulan hingga 1 tahun hanya 90 cc untuk setiap minum, maka bisa disimpulkan bahwa hal ini merupakan gejala awal anak susah makan.
 
Selain itu, berat badan si kecil saat bayi yang hanya mengalami kenaikan lebih dari 800 gram setiap bulannya selama dia berusia 0-4 bulan juga bisa dijadikan sebagai pertanda si kecil mengalami permasalahan susah makan. Lebih ironisnya lagi, jika pertambahan berat badan si kecil meningkat dalam jumlah yang sangat buruk dari sebelumnya di usia 4-6 bulan, maka sudah jelas hal ini akan mempengaruhi perilaku makannya.
 
Kenyataan semacam inilah yang mungkin luput dari perhatian bunda sehingga bunda menganggapnya sebagai suatu hal yang normal dan sebagai solusinya bunda harus mengetahui cara mengatasi anak susah makan. 

Penyebab Anak Susah Makan
 
Sembari bunda mencari tahu cara mengatasi anak susah makan, perlu bunda ketahui bahwa dalam dunia kesehatan, ada 3 penyebab anak yang mengalami susah makan. Dalam hal ini, menurunnya nafsu makan, gangguan psikologis dan juga permasalahan yang muncul dalam sistem pencernaan merupakan penyebab anak susah makan. Saat penyebab itu bunda kenali lebih dini, maka cara mengatasi anak susah makan bisa anda segera selesaikan supaya tidak berdampak pada pertumbuhannya.
 
Dari sekian banyak penyebab anak susah makan, permasalahan sistem pencernaan seperti alergi pada jenis makanan tertentu atuapun munculnya berbagai infeksi seperti halnya demam, pilek ataupun batuk ternyata menduduki peringkat pertama. Untuk itu, bunda harus segera menerapkan solusi cara mengatasi anak susah makan. 

Cara Mengatasi Susah Makan Pada Anak
 
Pada dasarnya, dalam menerapkan cara mengatasi anak susah makan bunda harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab anak tersebut susah makan. Ada banyak sekali solusi efektif yang diberikan oleh pakar kedokteran dan psikologi untuk mengatasi anak susah makan.

Namun, jika penyebab tersebut berasal dari gangguan saluran pencernaan, solusi tersebut tentunya tidak efektif. Untuk penanganan yang lebih lanjut, bunda bisa berkonsultasi kepada dokter anak terkait permasalahan ini. 

ORDER VIA CHAT

Produk : Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Harga :

https://www.kabarwaras.com/2016/11/cara-mengatasi-anak-susah-makan.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi