Kesalahan Mencuci Pakaian yang Sering Terjadi

Kesalahan Mencuci Pakaian yang Sering Terjadi

Mencuci pakaian itu adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Nampaknya memang sangat simple, namun pada kenyataannya masih cukup banyak juga kesalahan yang terjadi dan berakibat pada pakaian yang bermasalah. Nah, kalau kamu apakah sudah melakukan pencucian pakaian dengan benar atau justru juga pernah mengalami kesalahan pencucian pakaian ? Berikut ini kesalahan yang cukup umum dan sering terjadi :

1. Mengucek pakaian terlalu. Mungkin kamu berpikir bahwa mengucek pakaian dengan keras akan semakin cepat menghilangkan noda di pakaianmu. Padahal ini adalah sebuah pemikiran yang salah. Cara tersebut justru dapat merusak serat kain serta menjadikan noda justru semakin meluas dan pada akhirnya sulit hilang. Lalu, bagaimana solusinya ? Solusinya adalah pakailah perawatan yang tepat untuk menghilangkan noda di pakaian. Pilihlah sabun deterjen yang dapat secara efektif mengangkat noda dengan mengucek ringan seperti Rinso Anti Noda yang dilengkapi dengan formula untuk dapat mengangkat noda dengan sekali kucek.

2. Tidak membersihkan dan merawat mesin cuci secara tepat. Anda yang mencuci pakaian dengan mengandalkan mesin cuci, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah perawatan yang tepat pada mesin cuci. Setelah mesin cuci dipakai, jangan lupa untuk membilas mesin cuci menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa residu dari sabun detejen. Inilah yang jarang dilakukan oleh cukup banyak orang. Kalau kegiatan pembersihan dan perawatan mesin cuci tidak bisa dilakukan, hal ini akan berpengaruh nantinya pada kualitas kerja dari mesin cuci tersebut. Selain itu juga, jangan membiarkan mesin cuci tertutup dalam kondisi yang lembab. Saat setelah mencuci pakaian, biarkan pintu mesin cuci terbuka untuk menjadikan kondisi dalam mesin cuci kering.

3. Kesalahan yang cukup sering terjadi lainnya ketika mencuci pakaian adalah hanya memilah pakaian berdasarkan warnanya saja, tidak juga berdasarkan jenis pakaian maupun tingkat kotor dari pakaian. Memang memisahkan pakaian berwarna gelap dengan gelap, terang dengan terang itu adalah hal yang penting sebelum mencuci. Namun, jangan ketinggalan bahwa memisahkan pakaian yang sangat kotor karena noda minyak atau tinta dengan pakaian yang kotor biasa karena keringat itu juga tidak kalah penting. Supaya noda membandel tidak berpindah padfa pakaian lain yang hanya memiliki noda ringan.

4. Menuang sabun deterjen langsung terlebih dahulu pada pakaian, ini juga kesalahan yang lumayan sering terjadi juga dalam mencuci pakaian. Ketika mencuci menggunakan mesin cuci, sebagian orang masih ada yang langsung menuang deterjen ke pakaian dahulu dan baru mengisi mesin cuci dengan air. Cara seperti ini kurang tepat dan yang lebih tepat adalah memaukkan pakaian kotor dulu ke dalam mesin cuci, lalu isi dengan air dan baru tuang deterjen dalam jumlah yang cukup. Cara ini juga mencegah residu busa yang berlebih.

5. Penggunaan deterjen yang terlalu banyak juga salah satu kesalahan yang cukup sering terjadi juga. Pemakaian sabun deterjen yang kebanyakan hanya mengakibatkan pakaian tidak dapat bersih secara maksimal lantaran busa yang berlebih dapat menahan kotoran di serat kain.

Posting Komentar