Jurus Jitu Memulai Usaha Kuliner Dari Nol Hingga Sukses

Jurus Jitu Memulai Usaha Kuliner Dari Nol Hingga Sukses

Associated with

usaha kuliner1

Usaha Kuliner Dari Nol Hingga Sukses

Bisnis kuliner saat ini memang menjadi bisnis yang paling berpeluang dan diminati orang banyak. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya para artis yang mulai membuka bisnis kuliner mulai dari makanan berat, snack, kue, dan lainnya. Selain itu, maraknya makanan kekinian atau hits yang diminati banyak anak muda juga menjadi alasan bisnis kuliner adalah bisnis terpopuler saat ini. Target dari kebanyakan bisnis kuliner saat ini memanglah anak muda. Namun, lama kelamaan bisnis kuliner juga menjadi minat semua generasi.

Tenarnya bisnis kuliner di Indonesia menjadi alasan kuat bisnis ini sangat cocok untuk dicoba, terlebih jika Anda telah memiliki pengamalan dalam bidang kuliner. Namun, bagi Anda yang sama sekali belum memiliki pengalaman, jangan dulu khawatir! Saat ini, banyak tips dan trik untuk melakukan bisnis kuliner mulai dari awal. Bagi Anda yang ingin mulai untuk membuka bisnis kuliner, cobalah tips berikut ini.

1. Niat

Setiap bisnis haruslah dimulai dengan mengumpulkan niat sekuat-kuatnya. Mengapa begitu? Niat yang kuat sangat diperlukan dalam memulai bisnis dari awal. Jika Anda memiliki niat yang kuat, nantinya akan membantu Anda tetap konsisten dalam menjalani bisnis. Tanpa niat serta tekat yang kuat, bisnis Anda bisa saja berhenti di tengah jalan.

2. Modal Awal Bisnis

Modal selalu menjadi hal utama yang selalu dibicarakn pada saat ingin mulai melakukan bisnis. Tanpa adanya modal, kita akan kesulitan membuka usaha. Namun, jika Anda belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa melakukan pinjaman ke koperasi, bank atau melalui kredit cepat online. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengajak satu atau dua rekan Anda untuk melakukan bisnis bersama. Dengan begitu, hal ini akan meminimalisir modal yang harus Anda keluarkan untuk bisnis. Namun, jika Anda memiliki untuk membuka usaha dengan cara patungan dengan partner bisnis, buatlah surat perjanjian. Surat ini berisi tentang perjanjian pembagian hasil usaha untuk setiap pihak.

Namun, jika Anda memilih untuk melakukan kredit, biasakan selalu untuk mencatat laporan keuangan setiap harinya. Catat segala pemasukan, pengeluaran, serta aset dari bisnis Anda. Hal ini harus dilakukan agar bank atau lembaga juga mengetahui bagaiman perkembangan bisnis Anda. Selain itu, hal ini juga sangat membantu Anda dalam mengatur untung dan rugi bisnis.

3. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi menjadi hal yang harus diperhatikan dalam melakukan bisnis kuliner. Lokasi yang sering dan dilalui orang banyak menjadi lokasi yang strategis untuk membuka bisnis Anda. Namun, lokasi strategis biasanya akan membutuhkan modal yang lebih besar. Untuk itu, pintar-pintarlah dalam menentukan lokasi. Anda bisa memilih lokasi yang sesuai dengan target bisnis Anda. Jika target Anda anak muda, Anda bisa membuka di lokasi yang dekat dengan kampus atau sekolah, tidak perlu harus sering dilalui banyak orang. Namun, jika bisnis Anda merupakan kuliner jajanan ringan, Anda bisa menitipkannya di beberapa toko tanpa harus menyewa tempat. Sebelum menentukan lokasi, sebaiknya Anda lakukan dahulu survey harga dan tempat dari beberapa pilihan lokasi.

4. Tentukan Menu Spesial

Dalam bisnis kuliner, tentunya aka nada beberapa menu spesial yang harus dihidangkan. Saat menentukan produk yang ingin Anda jual, pikirkanlah mengenani produk yang unik dan belum dijual orang banyal. Buatlah inovasi baru dalam menentukan menu. Saat ini, kebanyakan orang suka dengan makanan yang berbau pedas dan unik. Anda bisa membuat kreasi baru dengan dua hal tersebut.

5. Mulai dari Franchise

Jika Anda bingung ingin membuka usaha kuliner, Anda bisa mulai dahulu dengan metode franchise. Saat ini banyak sekali franchise makanan atau minuman yang bisa Anda pilih. Dibandingkan dengan membuka usaha sendiri, memulai bisnis dengan franchise akan jauh lebih mudah tentunya. Selain itu, bisnis franchise juga tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan, Anda bisa melakukan bisnis model ini dari rumah Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menyewa tempat.

6. Pikirkan Karyawan

Untuk bisnis kecil, umumnya Anda mungkin hanya membutuhkan tiga hingga lima karyawan saja untuk koki, kasir, dan pelayan. Anda pun juga bisa ikut dalam menjalani bisnis. Namun, jika usaha Anda tergolong besar, Anda sebaiknya pikirkan baik-baik berapa karyawan yang Anda butuhkan. Hindari merekrut karyawan terlalu banyak saat awal mulai berbisnis. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesejahteraan seluruh karywan agar mereka betah dan bisa bekerja dengan baik.

7. Lakukan Promosi Yang Benar

Promosi menjadi hal yang sangat penting untuk mengundang para konsumen. Pertama, Anda bisa memulai dengan mempromosikan bisnis Anda dari media sosial facebook, instagram, line, path, dan lainnya. Buatlah tautan yang unik agar konsumen tertarik untuk datang. Di awal pembukaan bisnis, Anda juga bisa memberikan promo menarik seperti diskon, buy 1 get 1 promo, dan lainnya.

Selain sosial media, promosi antar mulur juga sangat berpengaruh. Jadi, usahakanlah untuk melayani konsumen sebaik mungkin agar mereka mempromosikan usaha Anda ke relasi mereka. Pelayanan yang baik dan stabil juga akan membuat usaha Anda memiliki banyak pelanggan setia. Menyebarkan beberapa brosur dan pamflet juga bisa menjadi alternative kegiatan pemasran bisnis Anda.

8. Izin Usaha

Untuk usaha yang tergolong besar, mengurus izin usaha dari pihak yang berwenang sangatlah penting. Daftarkanlah usaha Anda demi kenyamanan dan juga keamanan Anda. Mulailah dari mengurus NPWP usaha dan perizinan Kementrian Kesehatan.

9. Luaskan jaringan

Memperluas atau membangun jaringan dengan orang lain tentunya akan menguntungkan untuk usaha Anda. Cobalah untuk bekerjasama dengan pebisnis lain. Membangun kerjasama dengan pebisnis lain tidaklah akan membuat usaha Anda tersaingin. Anda bisa mendapatkan atau bertukar pengalaman dari mereka yang sudah jauh berpengalaman.

10. Rasa adalah segalanya

Bisnis kuliner sangat berkaitan dengan cita rasa. Untuk memiliki bisnis kuliner yang berhasil, menjaga rasa makanan dan minuman tetap stabil adalah hal yang terpenting. Cita rasa kuliner Anda harus tetap terjaga agar para pengunjung tetap setia dengan Anda. Selain itu, usahakanlah untuk mengunggulkan rasa cita asli bisnis kuliner Anda. Hindari menggunakan hal-hal ghaib untuk meningkatkan cita rasa produk.

Nah, itu dia 10 tips dan trik yang bisa Anda terapkan dalam melakukan bisnis makanan. Dalam membuka bisnis, modal memang menjadi hal utama yang mementukan apakah usaha Anda bisa terlaksana atau tidak. Tanpa modal usaha Anda akan sulit untuk dilakukan. Lakukanlah kredit uang- pinjaman jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha. Setelah memiliki modal, segeralah untuk lakukan survey lokasi untuk bisnis Anda. Dalam menjalani bisnis, Anda nantinya akan bertemu dengan untung dan rugi. Saat mengalami kerugian, jangan segeral putus asa dan memutuskan untuk berhenti bisnis. Jadikanlah hal tersebut motivasi untuk membuat inovasi baru pada bisnis Anda.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post