Pinjam Online Itu Keren, Yups Tapi Jangan Sampai Hutang Membengkak, Simak Tipsnya - KABARWARAS class='index' itemscope='' itemtype='http://schema.org/WebPage'>
Pinjam Online Itu Keren, Yups Tapi Jangan Sampai Hutang Membengkak, Simak Tipsnya

Pinjam Online Itu Keren, Yups Tapi Jangan Sampai Hutang Membengkak, Simak Tipsnya

Associated with

Minjam itu keren, tapi jangan sampai jadi utang membengkak. Supaya bisa terus minjam dengan lancar, tanpa hambatan, atau tanpa diteror debt collector, pelajari cara berutang pintar:
  1. Mengetahui kemampuan Finansial
    Hitung pemasukan dan pengeluaran sehari-hari, ketahui jumlah uang yang ada untuk melunasi pinjaman. Misal kita punya pemasukan 5 juta, pengeluaran sehari-hari 1,5 juta, berarti kita bisa melunasi pinjaman yang berjumlah maks. 3 juta.
  2. Bedakan hutang produktif & konsumtif
    Pastikan tiap pinjaman itu untuk kebutuhan yang berguna, gak cuma sesaat saja. hutang konsumtif itu contohnya belanja dengan kartu kredit, atau membiayai resepsi pernikahan. Hutang produktif itu utang yang akan memberi nilai tambah hidup, seperti cicilan rumah, asuransi pendidikan, atau investasi emas.
  3. Tambah pemasukan
    Menambah pemasukan adalah cara terampuh untuk bisa selalu melunasi pinjaman. Cari tambahan melalui sampingan seperti jual barang online, kerja paruh waktu, atau kerja lepas lainnya.
  4. Hindari gali lobang tutup lobang
    Jangan tutupi utang dengan utang lagi. Prioritaskan untuk melunasi utang sebelum pengeluaran lainnya. Semakin cepat hutang dilunasi, semakin kamu lebih mudah meminjam di lain waktu.
  5. Tau persis bunga pinjaman
    Jangan cuma asal meminjam saja, tapi tahu berapa bunga per harinya, apakah ada denda, dan biaya lainnya. Memahami ini dari awal akan mencegah kesalahpahaman dan menjaga skor kredit kita

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post