Biaya Sekolah Kian Mahal? Ini Tips Merencanakannya Agar Dapat Terwujud

 

Sumber gambar: pixabay.com

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Sebab pendidikan anak bisa dianggap sebagai investasi di samping memang kewajiban orang tua atas anaknya. Biaya sekolah yang selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya, harus dipersiapkan sejak awal agar tidak tersendat nantinya.

Umumnya, biaya pendidikan mengalami kenaikan setidaknya 10% tiap tahunnya. Dengan perhitungan kasar tersebut, bisa Anda jadikan acuan dalam menyisihkan persiapan dana pendidikan. Bagi yang memiliki anak lebih dari satu, persiapan ini harus lebih matang. Oleh sebab itu, kami hadirkan tips berikut sebagai solusi dalam merencanakan biaya pendidikan.

Tips Mempersiapkan Biaya Sekolah Sejak Dini

Agar tidak kesulitan dalam memenuhi biaya sekolah buah hati, Anda perlu merencanakan secara matang sedari dini. Jangan tunggu Si Kecil siap di usia sekolah, apalagi jika Anda memiliki anak lebih dari satu orang. Akan lebih baik membuat rencana atau persiapan biaya pendidikan lebih awal, agar siap saat dibutuhkan.

1. Cari Info Biaya Sekolah

Meski Si Kecil belum memasuki usia sekolah, tidak ada salahnya mulai merencanakan dimana ia akan bersekolah kelak. Oleh sebab itu, Anda harus memperoleh informasi biaya tahunan, biaya bulanan serta biaya lain yang diperlukan sebagai gambaran kasar.

Sebelum anak masuk TK, Anda sudah harus memiliki tabungan untuk pendaftaran dan lain-lainnya. Minimal 50% dari jumlah keseluruhan nya. Begitu pula ketika menginjak jenjang pendidikan yang tinggi. Harus sudah ada tabungan sebelumnya meski belum mengcover seluruhnya. 

Dengan begitu Anda tidak harus bekerja keras dalam memenuhi biaya sekolah yang dibutuhkan. Hanya perlu menambah kekurangan dari tabungan yang sudah dipersiapkan.

2. Mulai Berinvestasi

Tidak semua orang bisa menabung. Maka jalan lain untuk menyisihkan uang adalah berinvestasi jangka menengah hingga jangka panjang. Untuk jangka menengah Anda bisa memilih instrumen dengan volatilitas rendah seperti deposito, reksadana pasar uang, atau obligasi ORI maupun Sukuk.

Sementara untuk jangka panjang, Anda bisa mengambil sedikit risiko dengan bermain saham ataupun reksadana saham. Sebab semakin lama, risikonya akan mengecil dan return yang dihasilkan lebih besar. Bisa menjadi tabungan jangka panjang yang dapat diandalkan.

Agar lebih aman lagi, jika memiliki modal lebih Anda bisa melakukan diversifikasi investasi. Ambil jangka menengah dan jangka panjang sekaligus. Hal ini bisa membantu menguatkan finansial, serta meminimalkan risiko kerugian.

3. Bedakan Tabungan Pendidikan dan Tabungan Dana Darurat

Bukan hanya investasi yang perlu dilakukan diversifikasi. Bahkan begitu pula dengan tabungan. Bedakan antara tabungan pendidikan dan juga dana darurat. Untuk dana pendidikan, Anda harus menentukan nominal tetap per bulannya. Sementara dana darurat bisa tergantung kondisi keuangan saja.

Dengan begitu persiapan dana pendidikan akan lebih matang dan bisa dicapai sesuai target. Apabila terjadi kenaikan biaya sekolah yang di luar perkiraan, jumlahnya kekurangannya tidak akan terlalu besar dari yang sudah dipersiapkan jika dibandingkan menabung semampunya saja tanpa menentukan nominal per bulannya.

Tiga tips tersebut merupakan langkah dasar dalam mempersiapkan dana pendidikan secara matang dari awal. Namun terkadang karena beberapa situasi atau kondisi, rencana tidak berjalan lancar. Apabila Anda memerlukan dana pendidikan dan mendesak, pinjaman uang online bisa dijadikan alternatif solusi yang tepat.

Dengan catatan, Anda meminjam pada pinjaman uang online yang resmi terdaftar OJK. Sehingga lebih rendah suku bunganya, mudah syaratnya, cepat prosesnya dan juga menjaga keamanan data privasi Anda.

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi solusi masalah finansial Anda adalah Tunaiku. Menawarkan dana pinjaman sampai dengan 20 juta dan tenor terpanjang dibanding aplikasi lainnya yaitu sampai 20 bulan lamanya. Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, hanya bermodal E-KTP tanpa perlu dokumen pendukung seperti NPWP ataupun slip gaji.

Download segera aplikasi pinjaman uang online Tunaiku dan daftarkan pengajuan pinjaman. Setelah lolos verifikasi dan penandatanganan kontrak dengan kurir Tunaiku, maka pinjaman untuk biaya sekolah yang Anda butuhkan akan segera cair ke rekening Anda saat itu juga. Tunaiku, solusi masalah finansial yang aman, cepat, mudah dan murah.

Posting Komentar