Tips Merawat Laptop Gaming agar Lebih Awet Digunakan


Laptop Gaming

Sumber: https://www.pexels.com/photo/laptop-2569997/

Laptop gaming termasuk kategori perangkat komputer dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk dipakai dalam berbagai aktivitas yang tergolong berat bagi laptop. Tidak melulu dipakai untuk bermain game saja, laptop gaming juga sangat layak untuk menjalankan aplikasi editing foto hingga edit video. Bagi Anda yang mempunyai perangkat tersebut baiknya mengetahui tips merawat laptop gaming seperti Asus ROG, supaya lebih tahan lama dan tetap awet digunakan.

Keberadaan aplikasi game di laptop memiliki pasarnya sendiri dan akan selalu menyenangkan untuk dimainkan. Umumnya pemakaian laptop untuk bermain game biasanya akan membuat laptop cepat rusak, karena itu perangkat tersebut memerlukan perawatan ekstra. 

Game PC biasanya memiliki resolusi yang cukup tinggi dan juga ukuran lebih besar sehingga kinerja laptop tergolong memproses lebih berat. Memahami cara perawatan laptop apalagi kondisi baru bisa membuat laptop bekerja lebih baik dan awet untuk jangka waktu yang panjang. 

Laptop gaming memang diperuntukan khusus untuk melakukan aktivitas berat dan aplikasi game yang memerlukan spesifikasi tinggi. Meski sangat mumpuni, laptop gaming harus dijaga supaya perangkat software maupun hardware bisa bekerja secara optimal.

7 Tips Merawat Laptop Gaming agar Semakin Awet

Sebuah laptop gaming walau spesifikasinya tinggi, sangat beresiko jika digunakan sembarangan tanpa perawatan yang benar. Berikut ini beberapa cara merawat laptop gaming agar tidak mudah rusak walau dengan pemakaian intens:

1. Gunakan Kipas Laptop Tambahan

Masalah paling dasar dari sebuah laptop gaming adalah bagian mesinnya yang sering terasa panas dan ini sebenarnya perlu diperhatikan. Setiap laptop sebenarnya sudah terpasang kipas yang tertanam di dalam mesinnya tetapi kipas tersebut masih terbilang kurang mendinginkan perangkat. 

Ketika dipakai dalam bermain game atau mengedit video misalnya, laptop bekerja ekstra sehingga mesinnya menjadi lebih panas. Jika laptop mengalami overheat atau panas yang berlebihan, maka masalah tersebut bisa mempengaruhi performa dari laptop. Menggunakan kipas tambahan bisa mengurangi suhu panas sehingga perangkat dapat lebih dingin tidak mengganggu performa laptop. 

2. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Tips selanjutnya yaitu menjaga kebersihan laptop untuk keseluruhan bagian mulai dari keyboard hingga layar laptop. Gunakan tisu basah untuk bagian bagian laptop dari debu sehingga kebersihan laptop bisa terjaga.

Debu bisa membuat layar menjadi lebih buram dan keyboard yang kotor tidak akan nyaman ketika digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam mesin laptop agar komponen mesin tidak terganggu performanya. Lakukan juga pembersihan cache dan cek selalu keberadaan virus di dalam laptop menggunakan software antivirus.

3. Perhatikan saat Mengisi Baterai

Beberapa jenis laptop telah mengusung teknologi terbaru saat ini telah menggunakan jenis baterai lithium ion (Li-ion) serta Lithium polimer (Li-Po) meminimalisir resiko overcharge. Namun, beberapa kalangan masih menggunakan teknologi laptop terdahulu, jadi ada dua hal paling dasar dalam cara merawat baterai laptop gaming yaitu dengan tidak mengecas saat menggunakan laptop dan menjaga laptop agar tidak kehabisan baterai. Sebisa mungkin jangan pernah memakai laptop sambil mengecas baterai karena bisa menyebabkan kerusakan pada baterai.

Laptop yang dipakai ketika mengecas, sering mengalami masalah ketika charger dilepas dan membuat gejala laptop mati seketika. Hal tersebut bisa membuat baterai menjadi rusak, sama seperti dengan ketika laptop dipakai hingga kehabisan baterai. 

4. Atur Waktu Memakai Laptop

Laptop gaming memang diproduksi untuk kerja berat dalam waktu yang lama tetapi ini bukan berarti laptop bisa bekerja terus-menerus. Pemakaian berlebihan bisa membuat laptop lebih cepat rusak karena laptop terus dipacu sehingga mesin dalam perangkat cenderung semakin panas.

Sebaiknya, atur waktu untuk bermain game atau memakai laptop supaya laptop tidak bekerja berlebihan. Sebaiknya mematikan power laptop dalam beberapa waktu untuk digunakan kembali agar perangkat lebih awet.

5. Perhatikan Menempatkan Laptop

Saat menggunakan laptop, tidak sedikit yang meletakkan laptop di atas kasur saat digunakan, hal ini perlu dihindari. Ketika posisi laptop tidak diletakkan pada permukaan yang datar akan mengurangi kinerja kipas di dalam perangkat. Sirkulasi pendingin dalam laptop akan tersumbat yang membuat suhu semakin panas sehingga proses kinerja laptop semakin berat.

Terlalu sering bermain laptop juga terkadang menempatkan makanan maupun minuman disekitar laptop. Alangkah baiknya kebiasaan ini dikurangi karena dapat mengakibatkan risiko menumpahkan air atau sisa makanan di laptop. Dampaknya akan mengakibatkan kelistrikan pada perangkat laptop terganggu bahkan mengakibatkan kerusakan yang signifikan. 

6. Jangan Paksakan Aplikasi pada Laptop

Sebuah laptop gaming memang juga mempunyai tingkatan dalam memainkan kategori game tertentu. Ada spesifikasi kriteria seperti resolusi rendah, sedang, dan tinggi. Ketika spesifikasi laptop berada pada tahap kriteria resolusi rendah pada notifikasi game, sangat disarankan tidak memaksakan naik pada resolusi tinggi. 

Akibat yang ditimbulkan jika melakukannya adalah, laptop akan bekerja lebih keras perangkat atau dengan kata lain performa CPU hingga memory berada pada titik maksimal. Maka sering terdengar suara bising kipas laptop berputar sangat kencang dan badan laptop dirasa semakin panas. Tentu saja gejala tersebut akan berujung pada kerusakan laptop seperti blue screen, freeze, bahkan mati total.

7. Perhatikan Driver Tools

Biasanya sebuah sistem dari aplikasi yang berjalan di laptop, akan mengalami update secara berkala dan ketika ada sesuatu yang perlu diperbarui. Jika muncul notifikasi Update driver tools maka perlu dilakukan secara rutin supaya software laptop terus bekerja optimal.

Keberadaan driver tools yang telah diperbarui akan menghilangkan berbagai bug dan permasalahan sebelumnya ada di laptop. Ingat selalu untuk melakukan update di aplikasi yang diinstal termasuk di game yang Anda install.

Laptop gaming memang menjadi tren yang sangat digemari saat ini, Asus ROG menjadi salah satu merek laptop gaming yang diperhitungkan kelasnya oleh banyak orang. Anda bisa mendapatkan laptop gaming tersebut dengan mudah lewat Blibli tanpa perlu ribet keluar rumah dan pergi desak-desakan ke toko konvensional.

Blibli menyediakan berbagai kemudahan dalam pembelian dan sebuah laptop bisa dibeli hanya dengan satu kali klik saja. Terdapat berbagai kelebihan menarik yang ditawarkan seperti agenda flash sale, potongan harga, cashback dan masih banyak lagi.

Memahami beberapa tips merawat laptop gaming tersebut akan menambah masa awet lebih lama dari sebelumnya. Laptop yang terawat akan memberi kemudahan bekerja serta aktivitas bermain game sebagai hobi yang tersalurkan atau sebagai self rewards

Posting Komentar