Dari GAJI UMR Jadi 1 Milyar, Ini Dia Caranya

Hai! kabar baik di sini.

semoga disana juga ya! seperti judulnya, setiap kali kalian

dengar kata 1 milyar gitu ya,apa sih yang ada di pikiran kalian? beberapa mungkin ada yang mikir "ah 1 milyar doang. gampang lah." tapi ada juga yang mikir. "1 milyar itu angka yang sangat besar dan mustahil untuk dicapai" dua orang, sama-sama manusia, dan satu angka yang sama, Tapi punya pikiran yang sangat berbeda di sini aku mau bilang kalo keterbatasan terbesar kita sebagai manusia adalah di pikiran kita masing-masing.kalau kita lihat UMR di 2021 yang paling tinggi kan di Jakarta sekitar 4,2 jutaan lah ya, tapi di bawah 5 juta setiap bulannya.akibatnya banyak yang mikir,"boro-boro punya 1 milyar mbak"
Gaji UMR
"mau makan sehari-hari aja susah"atau ada juga yang mikir, "buat apa sih

punya uang banyak kalau nggak bahagia".seakan-akan punya uang yang banyak itu

pasti tidak bahagia. ya, make sense sih.tapi dengan punya uang yang cukup,

kita jadi punya lebih banyak pilihan.mau beli rumah, bisa, tanpa perlu jadi beban orang tua. mau pensiun juga bisa tanpa harus bikin anak-anak kita jadi sandwich generation.

uang memang bukan segalanya tapi uang bisa membantu kita membuka pintu-pintu baru yang nggak pernah kita bayangkan kalau kita nggak punya uang. dan di video ini, aku mau cerita tiga cara yang masuk akal buat kamu semua yang masih gaji UMR, untuk bisa mencapai 1 milyarnya. pertama, adalah dengan berhemat-hemat. kedua, dengan berinvestasi di produk yang return-nya tinggi banget. yang ketiga, increase skill yang bisa increase income.

mari kita coba. dan lihat satu per satu.

cara pertama adalah berhemat-hemat.kalau kita gaji UMR deh, anggap aja 3 juta per bulan ya.kita punya target 1 milyar. kalau kita berhemat-hemat dengan menyisihkan 50% dari income kita buat ditabung. berartikan 3 juta, 50%-nya 1,5 juta per bulan. ditabung nih. dengan asumsi uangnya nggak kita investasikan ya, cuma ditabung aja. dan nggak ada kenaikan income karena kita nggak increase skill. untuk mencapai target 1 m, kita bagi dengan 1,5 juta bagi dengan 12 bulan... kita butuh waktu 55 tahun untuk mencapai 1 milyar pertama.lama juga ya! bayangin deh, yang masih muda aja butuh waktu setengah abad.untuk bisa mencapai 1 milyar. apalagi yang udah lebih berumur. nggak kebayang aja sih. 55 tahun hidup berhemat-hemat seperti itu.

kesimpulannya adalah berhemat-hemat aja itu nggak cukup. jadi peribahasa orang dulu yang "hemat pangkal kaya" menurut aku itu salah total dan udah nggak relevan dengan kondisi kita hari ini.

mari kita coba cara kedua.investasi dengan return yang tinggi. kita anggap lagi gaji UMR 3 juta per bulan

dengan target 1 milyar. masih sama dan kita bisa sisihkan 20% deh dari income kita.

nggak usah sampai 50% kayak cara pertama tadi. dan 20% dari income-nya kita investasikan ke...instrumen yang ngasih return tinggi. kita ambil 30% deh per tahun.itu termasuk lumayan tinggi sih. karena IHSG dalam sekitar 30 tahunan terakhir. rata-rata ya sekitar 12% per tahun. kemudian kita coba simulasi dengan website ini.nanti aku taruh link-nya di description box. ini kan ada simbol dollar, abaikan aja.anggap aja ini rupiah. setiap bulan kita bisa nabung 3 juta X 20% yaitu 600 ribu.

oke monthly addition 600 ribu. nabung di akhir bulan. and annual interest, return-nya 30% per tahun.kemudian di tahun ini, kita coba otak-atik angka mana yang bisa mendapatkan end balance-nyananti 1 milyar. ternyata kita butuh 14 tahun tapi lumayan sih

menghemat sekitar 41 tahun ya. dibandingkan cara pertama yang butuh 55 tahun untuk mencapai 1 milyar pertama.tapi aku tahu pasti banyak yang salfok di sini.kayak apa investasi yang return-nya bisa 30% per tahun untuk jangka waktu yang

lumayan lama lagi, 14 tahun ya.karena IHSG aja cuma 12%. BCA aja dalam 10 tahun terakhir, rata-rata setiap tahunnya itu 15%. jadi untuk mencari yang 30% per tahun, itu susahnya minta ampun!

aku pakai contoh 30% untuk kasih contoh yang ekstrim. nah sekarang, kita coba cara ketiga yang aku lebih prefer, yang aku lakukan sendiri juga. dan bisa lebih cepat untuk mencapai 1 milyar pertama. yuk kita lihat! cara ketiga adalah upgrade skill.

Jadi menurut aku investasi terbaik untuk temen-temen yang masih bergaji UMR atau di bawahnya...adalah investasi bukan ke produk keuangan,tapi ke diri sendiri.naikin skill biar kita bisa naikin income dan investasi jauh lebih banyak. kita tetap ambil contoh gaji UMR 3 juta per bulan dengan target 1 milyar.kita sisihkan 30% deh dari income kita dan kita investasikan ke produk yang bisa ngasih return 12% per tahun.yang biasa aja deh. nggak usah yang terlalu berlebihan kayak cara kedua.yang return-nya 30% per tahun. tapi kegilaan di cara ketiga ini adalah income kita harus terus naik tiap tahunnya dan...naiknya itu lumayan tinggi. gimana caranya? ya skill kita yang di-upgrade. kita lihat di sini, tahun pertama 3 juta bulan. gimana caranya tahun kedua... kita bisa 10 juta per bulan,tahun ketiga 20 juta...tahun keempat 40 juta, tahun kelima naik 50% jadi 60 juta...kemudian naik 10% setiap tahun setelah tahun kelima itu.dalam 7 tahun dengan gaya investasi kita 30% dari income.di produk yang return-nya 12% per tahun.

kita udah bisa dapat 1,3 milyar. dengan cara yang lumayan gila bagi sebagian orang. kita cuma butuh 7 tahun. paling singkat waktunya. bahkan setengah dari cara kedua tadi. yang investasi di produk yang return-nya tinggi. 14 tahun kan tadi? nah sekarang, pertanyaan yang lebih penting adalah gimana cara menambah income? sebagai penerima gaji apalagi yang UMR, ya harus naikin skill.misal sekarang kerjanya admin.coba deh, bisa ngedit juga nggak?bisa design? atau mungkin bisa sales? dengan kerjaan lebih banyak, harapannya income yang didapat juga lebih gede. atau misal kamu lagi di bagian sales, yang bisa jual sekitar 10 juta per hari.sekarang cari cara nih. gimana ya closing atau...approach new person, dapetin leads,yang bisa bantu kamu menghasilkan 20 atau 30 juta sales sehari. kalau kamu bisa membuktikan,bisa jual lebih banyak, kamu punya bukti untuk minta ke atasan kamu untuk naik gaji.selain itu, kita juga bisa cari income tambahan di luar gaji.

Sebelumnya di video yang ini, aku pernah bahas tentang cashflow quadrant.itu adalah 4 jenis pekerjaan yang kita bisa lakukan. tadi kalau penerima gaji, kan employee ya. bisa eksplor sebagai self-employed.coba aja di waktu luang iseng-iseng freelance apa gitu atau coba jadi content creator. atau buka les. nanti setelah sekian waktu, coba jadiin ini bisnis, bangun sistem, hire orang. contoh ya kita jadi freelance ngedit.Terus banyak yang suka dengan editan kita. terus order yang masuk banyak. dan kita kewalahan ngerjainnya.kita bisa mulai bangun sistem, hire orang, outsource...biar kita bisa nih fulfil order atau permintaan yang sebanyak itu. di situlah kita udah pindah dari kuadran 1 employee ke kuadran business owner.dan kuadran yang keempat adalah investor. menurut aku ya, tiga kuadran yang lain...employee, self-employed, dan business owner, mereka semua ini wajib ke kuadran investor. jadi harus combo tuh. minimal tiap orang itu either employee dan investor, atau self employed dan investor,atau business owner dan investor, pokoknya mereka harus invest gitu.karena uang yang dihasilkan dari gaji,

dari freelance, atau dari bisnisnya, jangan biarkan istirahat di bank aja! harus suruh uangnya

kerja lagi dengan berinvestasi! ya begitulah kira-kira cara dari gaji UMR bisa mencapai 1 milyar pertamanya. aku sendiri pakai cara ketiga dan aku, Puji Tuhan,sudah ngelewatin keempat kuadran ini.dan aku mau bilang, selagi kita masih muda,

eksplor sebanyak mungkin kuadran karena lebih banyak kuadran lebih banyak juga sumber income-nya. nanti setelah kita sudah tahu,cocoknya dan fokusnya mau di mana,ya kita perdalam di satu atau dua kuadran aja.nah itu dia, 3 strategi untuk

mencapai 1 milyar pertama. kalau kamu, strateginya kayak gimana nih?

cerita di comment ya!

thank you for reading

Sumber : Felicia Putri Tjiasaka

ORDER VIA CHAT

Produk : Dari GAJI UMR Jadi 1 Milyar, Ini Dia Caranya

Harga :

https://www.kabarwaras.com/2022/08/dari-gaji-umr-jadi-1-milyar.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi