Mau Bisnis dengan Teman? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Mau Bisnis dengan Teman? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Associated with

 Mau Bisnis dengan Teman? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

KabarWaras.com – Dalam memulai sebuah bisnis, biasanya kendala awal yang dialami adalah keterbatasan modal dan keterbatasan kemampuan dalam menjalankan manajemen bisnis. Salah satu cara untuk mengatasi kendala tersebut, biasanya banyak perintis bisnis yang memilih mendirikan bisnis bersama temannya. Mendirikan bisnis bersama teman memang dapat meringankan beban modal pendirian bisnis dan dapat membentuk bisnis dengan perencanaan yang lebih matang. Namun karena ada dua pemikiran dalam sebuah bisnis tersebut yang terkadang bertolak belakang, maka muncul kendala tersendiri yang bahkan bisa berakibat buruk bagi kelangsungan bisnis dan kondisi hubungan pertemanan.

Untuk menghindari perselisihan antar teman dalam merintis bisnis bersama, Anda harus memperhatikan hal-hal tertentu sebelum memutuskan mengajak teman berbisnis. Pertimbangan berbisnis bersama teman tersebut antara lain:

Kenali Karakter Teman

Pastikan Anda sudah benar-benar mengenal dengan baik karakter teman Anda. Mengenal karakter teman yang sebenarnya adalah hal sangat penting sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dengannya. Misalnya karakternya ketika menerima pendapat yang berbeda, menghadapi orang lain, menghadapi tekanan bisnis, dan sebagainya. Jika ingin mengajak teman berbisnis, sebaiknya pilih teman yang bisa diajak kerja sama dan memiliki pemikiran yang terbuka.

Ketahui Apakah Teman Anda Bersemangat Dalam Berbisnis.

Ketahui apakah sebenarnya teman Anda berniat menjalankan bisnis dengan Anda atau tidak, karena jika ternyata teman Anda tidak terlalu berniat menjalankan bisnis bersama, ia akan menunjukkan perilaku yang kurang semangat atau setengah-setengah ketika menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, pilihlah teman bisnis yang memiliki passion bisnis yang sama.

Pilihlah Teman Setidaknya Yang  Sudah Berpengalaman Dalam Bisinis Yang Anda Aja

Pilih teman yang sudah lebih berpengalaman dalam bisnis. Agar bisnis yang didirikan bersama bisa lebih berkembang, sebaiknya Anda memilih teman berbisnis yang lebih berpengalaman dan memiliki keterampilan yang Anda tidak miliki tetapi dibutuhkan dalam kelangsungan bisnis. Misalnya teman Anda memiliki kemampuan dibidang manajemen sementara Anda memiliki kemampuan di bidang pengembangan produk karena latar belakang pendidikan Anda jurusan teknik.
Buatlah Kesepakatan Bersama Dengan Teman Bisnis Anda

Buatlah kontrak bisnis yang jelas dan sesuai kesepakatan bersama. Sebelum memulai bisnis bersama teman, sebaiknya buatlah kesepakatan bisnis terlebih dahulu meskipun Anda dan teman Anda sangat dekat. Pembuatan kontrak atau kesepakatan tersebut sangat beguna agar jika terjadi masalah dikemudian hari, Anda tidak akan dirugikan oleh teman Anda.

Kenali Karekter Lebih Dalam Diri Anda Sendiri

Pahami karakter Anda sendiri. Meskipun berbisnis bersama teman sangat menyenangkan, namun berbisnis sendiri terkadang lebih memuaskan. Apalagi bagi Anda yang pada dasarnya lebih suka bekerja dengan cara mandiri. Maka sebaiknya memulai bisnis sendiri saja dibandingkan bersama.

Itulah hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis bersama teman. Sedekat apapun Anda dengan teman Anda, belum menjamin bahwa ketika berbisnis Anda bisa sepaham dengan teman Anda. Oleh sebab itu, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan berbisnis bersama teman.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post