Tips Supaya Mendapat Cuti Liburan

Tips Supaya Mendapat Cuti Liburan

Associated with



Di musim panas ini adalah waktu yang paling tepat untuk pergi liburan. Cuacanya sangat mendukung untuk melakukan berbagai hal menarik di tempat wisata seperti berjemur di pantai, melihat sunrise di puncak gunung, wisata kuliner tradisional, dan masih banyak lagi. Sayangnya, tidak semua orang punya waktu untuk merasakan liburan yang panjang. Mengajukan cuti pun akhirnya jadi solusi untuk mendapat waktu libur yang lebih lama. 

Tapi permohonan cuti bukanlah sesuatu yang mudah dikabulkan oleh atasan atau perusahaan. Apalagi kalau alasan dari cuti tersebut hanyalah untuk pergi liburan. Tapi tenang saja, ada beberapa cara agar permohonan cuti liburanmu bisa lebih mudah untuk dikabulkan. Ini di caranya:

Pilih Waktu yang Berdekatan dengan Waktu Libur

Agar kamu bisa mendapat waktu libur yang lebih lama, carilah waktu yang berdekatan dengan hari libur. Contohnya, kalau ada libur nasional di hari Jumat, kamu bisa ajukan cuti di hari Kamis atau Senin. Dengan begitu, kamu bisa mendapat waktu libur selama 4 hari hanya dengan sekali cuti. Jadi kamu tidak perlu mengajukan permohonan cuti lebih dari sehari yang biasanya akan sulit untuk dikabulkan.

Sesuaikan Dengan Kondisi Perusahaan

Di setiap perusahaan, ada masa-masa dimana kamu akan sangat sibuk, dan ada masaa dimana kamu akan merasa cukup santai. Jangan pilih waktu cuti saat di kantor sedang banyak perkerjaan. Setiap perusahaan pasti tidak mau menyetujui permohonan cuti saat perusahaan sedang sangat membutuhkan tenaga karyawan tersebut, kecuali cuti untuk urusan yang sangat genting.

Berkoordinasi dengan Rekan Kerja

Pastikan kamu berkoordinasi dengan rekan kerja terlebih dahulu untuk membagi waktu cuti. Biasanya, perusahaan akan sulit mengabulkan permohonan cuti jika dalam waktu yang berdekatan ada karyawan lain yang sudah mendapatkan persetujuan cuti. Hal ini karena perusahaan tidak mau produktifitas di kantor menjadi terganggu karena terlalu banyak karyawan yang cuti di waktu yang nyaris bersamaan. Selanjutnya, jika rekan kerjamu lebih dulu cuti, bantulah pekerjaannya selama ia tidak ada di kantor. Dengan begitu, ia pun akan membantu pekerjaanmu saat kamu mendapat giliran cuti. Pastikan juga kalau kamu selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan pekerjaanmu sebelum memasuki masa cuti agar pekerjaan tidak terlalu terganggu.


Ikuti Prosedur

Setiap perusahaan punya kebijakan berbeda terkait permohonan cuti kerja. Jadi kamu harus mengikuti segala prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jangan sampai kamu melanggarnya sedikit pun. Resikonya sangat besar, selain sulit untuk mendapat persetujuan cuti, kamu pun akan dicap sebagai karyawan yang tidak taat aturan.

Ajukan Cuti Sejak Jauh Hari

Sebaiknya, buatlah permohonan cuti minimal sebulan sebelumnya. Dengan mengajukan cuti sejak jauh hari, perusahaan lebih dapat mempertimbangkan berbagai hal yang mungkin terjadi saat kamu sedang tidak bekerja. Perusahaan juga bisa mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaanmu agar produktifitas tidak terganggu.

Perhatikan Suasana Hati Atasan

Saat mengajukan cuti, kamu harus memperhatikan dulu bagaimana suasana hati atasan kamu pada saat itu. Kalau ia sedang sibuk, terlihat banyak pikiran, dan dalam emosi yang buruk, lebih baik jangan masuk ke ruangannya untuk mengajukan cuti. Saat suasana hati sedang buruk, kamu melakukan kesalahan kecil pun bisa kena marah, apalagi untuk mengajukan permohonan cuti liburan

Bekerja dengan Baik dan Efektif




Selama bekerja, lakukanlah sebaik mungkin agar setiap pekerjaanmu bisa memuaskan perusahaan. Karyawan yang berprestasi biasanya akan lebih disayang atasan dan perusahaan. Dengan selalu bekerja secara optimal, kamu pun bisa lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi kamu bisa punya jaminan kalau masa cutimu tidak akan mengganggu kinerja perusahaan.

Jangan Memaksa dan Berbohong

Kalau perusahaan tempatmu bekerja masih bersikeras untuk tidak mengabulkan permohonan cuti, tidak perlu memaksakan diri untuk pergi liburan di waktu tersebut. Diskusikanlah dengan pihak terkait kapan kamu bisa menggunakan hak cutimu. Barulah kamu membuat agenda liburan sesuai dengan hasil diskusi tersebut.

Kamu juga jangan membuat alasan palsu hanya demi mendapatkan persetujuan cuti. Kalau tidak ketahuan sih semua akan baik-baik saja. Tapi jika sampai ketahuan oleh perusahaan bahwa kamu berbohong, resikonya cukup berbahaya untuk kedepannya. Kamu memang tidak akan langsung dipecat perusahaan, tapi yang jelas kamu akan sulit mendapat persetujuan untuk pengajuan cuti selanjutnya.

Pokoknya, kamu tidak perlu khawatir tidak mendapat persetujuan cuti dari perusahaan karena kamu memang punya hak untuk mendapatkannya. Asalkan, kamu mengajukan permohonan cuti dengan cara yang baik dan pada waktu yang tepat.

Setelah permohonan cuti disetujui, segeralah berburu harga tiket murah pesawat sebelum harganya naik karena harga tiket pesawat biasanya akan semakin mahal jika pemesannannya terlalu berdekatan dengan jadwal keberangkatan. Lalu jangan lupa, cari tiket pesawat promo di Reservasi.com agar kamu bisa mendapatkan penerbangan dengan penawaran harga terbaik.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post