Ini Dia Tips Membeli HP Bekas Agar Tidak Menyesal

Jika Anda berencana untuk membeli HP baru akan tetapi memiliki budget yang kecil, maka Anda mungkin ingin membeli HP second daripada yang baru. Namun, membeli HP second bisa menjadi sedikit rumit jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam membeli HP bekas yang bagus. Anda perlu ketelitian dan pengecekan kepada pemilik HP bekas maupun toko yang menjual HP bekas.

Tips Membeli HP Bekas

Anda mungkin mendapatkan HP second yang terlihat bagus dengan penutup casing yang sempurna tanpa goresan di atasnya, tetapi Anda tidak tahu bahwa mungkin perangkat keras internal atau antarmuka layarnya mungkin tidak berfungsi dalam waktu dekat karena ada beberapa kerusakan di dalam telepon yang disebabkan oleh pemilik sebelumnya. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk menghindari hal semacam ini demi kebaikan Anda sendiri.

Berbicara tentang HP second, kebanyakan orang berpikir bahwa HP second kebanyakan payah hanya karena merupakan HP second. Nah, sebenarnya tidak semua HP second yang Anda temukan di pasaran kurang baik, malah terkadang HP second juga bisa bagus jika kelengkapan dan kondisinya normal, Nah, jika Anda sudah membuat keputusan akhir dan yakin bahwa inilah saat yang tepat untuk membeli HP second pertama Anda, maka inilah 15 tips berguna yang semoga bisa menjadi panduan pertama Anda setiap kali berencana membeli HP second. Di toko maupun perorangan.

1. Cek Casing HP

Hal pertama yang harus diperhatikan dari sebuah HP pasti adalah penutup casingnya. Oleh karena itu, setiap kali Anda bertemu dengan beberapa HP second di toko mana pun pemilik perorangan, pastikan Anda selalu melakukan pemindaian perangkat secara menyeluruh. Coba lihat apakah perangkat memiliki cacat fisik atau goresan di sekitar bodi HP. Ini harus dilakukan untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang telah dilalui perangkat itu di masa lalu ketika masih digunakan oleh pemilik sebelumnya.

2. Pastikan Casing HP Original

HP second biasanya diganggu dengan persepsi bahwa penutup casingnya sudah rusak atau lecet-lecet, Anda tidak dapat menilai kualitas keseluruhan dari HP second hanya dengan melihat seberapa mengkilap saja.

Oleh karena itu, sebagai pelanggan yang cerdas, selalu lengkapi diri Anda dengan pola pikir bahwa penjual selalu dapat mengganti penutup casing asli yang rusak.

3. Pastikan Semua Tombol Fisik Berfungsi dengan Sempurna

Tombol fisik selalu menjadi elemen penting pada HP mana pun yang cenderung mudah rusak jika ditekan berkali-kali oleh pemiliknya. Karena itu, ketika memeriksa HP second di toko, selalu pastikan bahwa semua tombol fisik berfungsi dengan baik

4. Selalu Periksa Sensitivitas Layar Touchscreen

Hal selanjutnya yang perlu diperiksa dari HP second adalah permukaan layar dan sensitivitas User Interface-nya. Dalam proses ini, selalu jalankan pemindaian menyeluruh jika ada goresan di sekitar layar dan pastikan layar sentuh masih berfungsi dengan baik. Uji respons sentuhan dari setiap sudut layar hingga area tengah. Lakukan beberapa gerakan campuran dan acak di layar berulang kali.

5. Cek Suara HP

Pastikan sebelum membeli HP second, cek kondisi suara speaker HP, apakah berfungsi dengan baik, dengan mencoba buat saling telpon menggunakan HP second tersebut, pastikan terdengar dengan jelas.

6. Cek Sinyal HP

Perhatikan juga sinyal pada jaringan HP second, pastikan jaringan sinyal ketika di masukan kartu sim bisa terhubung dengan baik, sinyal akan muncul tampilan 3G, 4G.

7. Cek Baterai HP

Sebelum membeli cek juga kondisi HP, apakah bisa di charger dengan baik, bisa terisi dengan ½ % ketika di charger walau sebentar. Karena akan membuktikan bahwa HP tersebut bisa terisi baterai dengan baik

8. Cek Kamera

Jangan lupa mencoba untuk berfoto dengan kamera depan maupun kamera belakang pada saat ingin membeli HP second, pastikan ketika buat foto bisa tersimpan ke dalam galeri HP.

9. Cek Microphone Headset

Jika pada HP second terdapat lobang untuk memasukan headset, maka sebaiknya dicoba mendengarkan lagu menggunakan headset, apakah lobang tersebut bisa terkoneksi dengan baik.

10. Kartu Garansi

Untuk HP second biasanya juga masih ada kartu garansi, atau jika HP second sudah habis masa garansi nya, maka kita bisa meminta garansi dari toko tempat kita beli sesuai dengan perjanjian jual beli nya, atau jika perorangan kita juga meminta perjanjian berupa rekaman suara maupun foto orang tersebut sesuai perjanjian bagaimana aturanya.

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar