Jangan Panik Dengan Resesi Ekonomi? Begini Penjelasannya

Tahukah kamu, diberbagai media berita sedang ramai membicarakan berita terkait dengan "Resesi Ekonomi" dan juga di media sosial. Terus bagaimana pendapat kamu mengenai informasi tersebut. Apakah yang akan kamu lakukan dengan adanya informasi tentang resesi ekonomi di tahun 2023. Padahal ditahun 2022 belum berakhir sudah ada berita nya. Nah sebelum membahas tentang resesi ekonomi, yuk simak penjelasannya apa itu resesi ekonomi?

Dilansir dari situs resmi sikapiuangmu.ojk.go.id. Definisi, resesi ekonomi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Langkah yang mungkin perlu kamu sikapi dengan berita resesi ekonomi adalah :

  • Jangan Panik, tetap fokus apa yang kamu kerjakan, seperti lakukan hal-hal positif, dengan beraktivitas seperti biasa yang biasa kamu lakukan, jika kamu bekerja kantoran lakukan saja pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu kerjakan, rajin bekerja, semangat bekerja. Jika kamu sebagai pengusaha juga demikian, tetap membangun usahanya dengan membuat rencana yang mungkin akan membawakan hasil, karena hal ini bisa membantu ekonomi tetap tumbuh dan berkembang.
  • Rajin Menabung, cobalah kamu mulai berfikir untuk mulai menabung, karena dengan menabung segala kebutuhan hari tua nanti bisa tercukupi serta dapat mengamankan uang dari inflasi. 
  • Cobalah Berinvestasi : Bagi kamu yang mungkin memiliki tabungan yang cukup, akan tetapi uang kamu ingin berkembang. Nah solusinya adalah kamu harus berani berinvestasi, karena pada dasarnya uang tidak akan berkembang secara cepat, jika kita tidak mencoba berinvestasi. Tapi investasi juga kamu harus paham investasi jenis apa yang bakalan kamu coba. Karena jenis investasi itu ada banyak pilihan, dan juga investasi bisa diartikan sebagai menanam modal kamu disuatu tempat yang menyediakan layanan investasi, baik itu investasi jangka pendek, maupun investasi jangka panjang.
  • Mencoba Tidak Berhutang : Bagi kamu yang sedang memiliki hutang maupun yang belum memiliki hutang, alangkah baiknya jangan mencoba berhutang dulu, kalaupun kamu sedang memiliki hutang baiknya ya segera lunasi hutang kamu. Hal ini akan membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang. 
  • Berhenti Membeli Barang Yang Tidak Perlu : Bagi kamu alangkah baiknya jika membeli suatu barang jika memang barang dibutuhkan, maka belilah, tapi jika membeli barang tapi tidak terlalu penting baiknya uang kamu cukup ditabung saja, atau jika kamu niatnya membeli suatu barang untuk membantu saudara / teman kamu, hal ini mungkin akan sangat membantu teman / saudara kamu. Karena niat kamu membeli bukan karena butuh melainkan karena ingin membantu dagangan nya laku. Selain membantu sesama juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  • Mencoba Mencari Pendapatan tambahan : Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan akan tetapi belum memiliki penghasilan tambahan, mungkin kamu bisa mencoba mencari tahu solusinya, bagaimana cara mencari penghasilan tambahan?Mulailah mencoba hal-hal yang mungkin kamu sukai, dan mungkin kamu butuhkan, atau kamu bisa mencoba membuka usaha sendiri, berjualan online, berdagang, menjadi freelance, membuka jasa, berinvestasi, mengikuti kursus pembelajaran, karena dengan mengikuti kursus pembelajaran kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga kamu bisa explore bakat kamu, hal ini akan membantu kamu memiliki keahlian lainnya, sehingga kamu bisa lebih mudah mencari pendapatan tambahan dari keahlian yang kamu miliki, yang penting apapun pekerjaan nya kamu yang tetap semangat menjalankan nya. Kamu harus berani mencoba terlebih dahulu. Karena jika belum pernah mencoba mana tahu kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Benar tidak.
Artikel ini bertujuan hanya untuk mengedukasi agar masyarakat lebih dewasa dalam berfikir tentang berita resesi ekonomi. Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikan ke sosial media kamu. Agar dapat memberikan manfaat untuk pembaca lainnya. Apapun yang terjadi dikemudian hari, kamu tetap berusaha semangat dan bekerja keras, tak lupa selalu berdoa kepada Tuhan yang maha Esa, semoga semua negara di seluruh dunia akan baik-baik saja. Aamiin

Author: Anwar Fahmi

ORDER VIA CHAT

Produk : Jangan Panik Dengan Resesi Ekonomi? Begini Penjelasannya

Harga :

https://www.kabarwaras.com/2022/11/resesi-ekonomi.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi