Rugi dalam Bisnis? Lakukan 7 Hal Ini

Rugi dalam Bisnis? Lakukan 7 Hal Ini

Associated with

Rugi dalam Bisnis? Lakukan 7 Hal Ini

KabarWaras.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa sudah memutuskan untuk memulai bisnis berarti sudah siap untuk gagal. Anggapan tersebut bukan tanpa alasan, karena dalam menjalankan setiap bisnis pasti ada saja kendala dan resiko yang akan dihadapi.

Sama halnya seperti menjalankan investasi yang semakin besar kuntungan berarti semakin besar resiko yang akan dihadapi, berbisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar juga memiliki resiko yang besar pula. Salah satu resiko dalam bisnis yaitu modal. Modal bisnis yang dikeluarkan sudah besar namun terkadang bukannya keuntungan yang didapat, justru bisnis yang dijalankan mengalami kerugian.

Untuk menghindari kegagalan atau kerugian dalam bisnis, Anda dapat melakukan 7 hal berikut ini:

Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Sebaiknya jangan mengotak-atik keuangan bisnis untuk konsumsi yang kurang produktif dan tentunya tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda, apalagi jika keuangan tersebut merupakan modal untuk kelangsungan bisnis Anda selanjutnya.

Seimbangkan jumlah tenaga yang di gunakan dengan jumlah produk yang dihasilkan. Mempekerjakan pekerja lebih banyak tidak selamanya akan membuat hasil produk yang lebih banyak karena justru merugikan bisnis Anda karena menaikkan biaya upah. Untuk itu, seimbangkan jumlah pekerja yang dipakai dengan jumlah faktor produksi lainnya.

Jangan buru-buru membuka cabang. Sebaiknya perlajari terlebih dahulu kekuatan, kelemahan, arah bisnis dan target bisnis Anda. Selain itu, pelajari pula target pasar Anda di tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi cabang bisnis. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai membuka cabang.

Cari partner bisnis yang lebih paham dengan jenis bisnis yang Anda jalani. Sebaiknya Anda memilih partner bisnis yang sudah lebih berpengalamanan dan terbukti kesuksesannya dalam menjalani bisnis yang sama seperti Anda
Manfaatkan sumberdaya yang terbatas secara optimal. Meskipun Anda hanya memiliki Sedikit modal, maka gunakan modal yang sedikit tersebut dengan seoptimal mungkin. Misalnya memanfaatkan media sosial untuk memajang produk supaya tidak perlu menyewa toko, dan sebagainya.

Tidak semua kebaikan harus dibayar. Sebagai seorang pebisnis, meminta pertolongan bukan berarti kita harus membayar pertolongan yang telah diberikan orang lain. Namun jangan terlalu pelit untuk membalas jasa orang yang telah menolong Anda dalam berbisnis.

Jangan terima hutang. Hutang dari pelanggan adalah hal yang wajib dihindari dalam berbisnis, terutama bisnis berdagang. Karena hutang dapat mengurangi keuntungan Anda dan akan menghambat Anda untuk mengembangkan bisnis.

Meskipun mengalami kerugian dan kegagalan, namun itu bisa menjadi pelajaran yang barharga bagi Anda karena orang hanya mengalami kesuksesan satu kali saja dalam hidupnya, sedangkan mengalami kegagalan adalah hal yang umum. Oleh sebab itu, ketika mengalami kegagalan bisnis, sebaiknya Anda jangan langsung menyerah, tetapi terus berusaha untuk mencapai kesuksesan bisnis Anda.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post